Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Friday, July 10, 2015

OTS Smudamers : 7 Fungsi Perpustakaan Anakkukang



Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga jiwa andalan kita terus berkobar. Kembali lagi kita dengan On The Spot smudamers. Pada beberapa kesempatan yang lalu, kita telah membahas mengenai salah satu tempat di smudama, yaitu ruang saji Maccini Baji. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai fungsi perpustakaan Anakkukang. Ya, perpustakan Anakkukang ini tentunya bertempat di smudama. Perpustakaan Anakkukang tidak hanya berfungsi sebagai tempat membaca, tetapi masih banyak berbagai fungsi lainnya. Apa sajakah fungsinya? Mari kita bahas dalam OTS kali ini.

1. Sebagai sarana penambah ilmu

Pada umumnya, perpustakaan dijadikan sebagai sarana penambah ilmu. Di perpustakaan juga pastinya terdapat banyak buku. Sama halnya dengan di smudama. Perpustakaan Anakkukang juga berfungsi sebagai sarana penambah ilmu. Di perpustakaan ini, kita dapat membaca buku, meminjam buku, mencari sumber informasi, serta belajar secara individu maupun berkelompok. Semua kegiatan-kegiatan belajar ini dilakukan di lantai kedua perpustakaan Anakkukang.

2. Sebagai tempat melaksanakan berbagai acara

Salah satu fungsi perpustakaan Anakkukang lainnya adalah sebagai tempat melaksanakan berbagai acara. Contohnya seperti, Mukilas (Musyawarah Perwakilan Kelas), Mubes (Musyawarah Besar), Muspen (Musyawarah Penegak), Bedah SKL (Standar Kompetensi Lulus), dan berbagai acara lainnya. Acara-acara tersebut dilakukan di perpustakaan Anakkukang lantai pertama.

Salah satu contoh acara yang dilaksanakan di perpustakaan Anakkukang
3. Sebagai tempat melaksanakan rapat

Ya, fungsi yang ketiga ialah sebagai tempat melaksanakan berbagai macam rapat, baik secara formal maupun nonformal. Adapun rapat-rapat ini dilaksanakan di lantai pertama perpustakaan Anakkukang. Ya, perpustakaan Anakkukang memiliki banyak kursi sehingga perpustakaan ini bisa dijadikan sebagai tempat melaksanakn rapat-rapat. Kebanyakan rapat yang dilaksanakan mengenai pemilihan pengurus suatu kegiatan yang akan diikuti oleh seluruh siswa-siswi smudama.


4. Sebagai tempat pertemuan orang tua siswa dan tempat penerimaan rapor

Pada umumnya, pertemuan orang tua siswa dan penerimaan rapor dilaksanakan di kelas masing masing. Tetapi, di smudama, pertemuan orang tua dan penerimaan rapor dilaksanakan di lantai pertama perpustakaan Anakkukang pada setiap semesternya. Lantai pertama perpustakaan ini cukup luas untuk menampung seluruh siswa-siswi smudama beserta para orangtuanya. 

5. Sebagai tempat menerima tamu

Selain 4 fungsi yang sudah disebutkan tadi, fungsi lain dari perpustakaan Anakkukang ialah sebagai tempat menerima tamu yang datang ke smudama. Tamu tamu tersebut biasanya datang dari sekolah-sekolah maupun delegasi universitas. Adapun tempat menerima tamu tamu yang datang ialah di lantai pertama perpustakaan Anakkukang. Tamu tamu ini biasanya bertujuan untuk sosialisasi sekolah ataupun universitas, ada juga yang sekedar berkunjung, dan ada juga yang ingin mengajak untuk melaksanakan pertandingan persahabatan. 

6. Sebagai tempat melaksanakan ramah tamah

Fungsi perpustakaan Anakkukang berikutnya ialah sebagai tempat melaksanakan ramah tamah. Ramah tamah dilaksanakan di lantai pertama perpustakaan, dimana siswa-siswi smudama akan membentuk lingkaran besar yang memenuhi ruangan, lalu bersalaman seraya meminta maaf. Ramah tamah biasanya dilakukan setelah melaksanakan acara acara besar smudama. 

7. Sebagai tempat pengalihan kegiatan

Fungsi terakhir perpustakaan Anakkukang yang kita bahas pada OTS kali ini ialah sebagai tempat pengalihan kegiatan. Saat cuaca sedang buruk ataupun sedang hujan, biasanya kegiatan yang dilakukan diluar perpustakaan akan dialihkan kedalam perpustakaan. contohnya seperti saat ekskul karate. Ekskul karate yang biasanya dilakukan di lapangan, akan dialihkan ke perpustakaan lantai 1 pada saat hujan. Dan juga perpustakaan Anakkukang lantai 1, biasanya dijadikan sebagai tempat unutuk melaksanakan pengujian karate dan olahraga tennis meja.

Itulah tadi 7 Fungsi Perpustakaan Anakkukang. Semoga OTS kali ini bermanfaat bagi semua. Sampai jumpa di On The Spot selanjutnya....

Created by Aulia Rahmadani & Vania Naurah Sube
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami