Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Organisasi dan UKO

1. Perwakilan Kelas (PK)
Perwakilan Kelas (PK) yang dulunya Majelis Perwakilan Kelas (MPK) di Smudama bertugas untuk mengawasi kinerja OSIS dan memberikan saran serta masukan dalam melaksanakan program kerjanya. Perwakilan Kelas merupakan orang-orang yang dipilih dan tidak sembarang orang yang dapat tergabung di dalamnya, karena nantinya mereka yang akan memilih pengurus OSIS. Mereka yang berada dalam organisasi ini hanya dapat menjabat selama 2 periode (2 tahun).

2. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan organisasi yang sangat penting di Smudama. Tanpa adanya organisasi ini, mungkin sebuah sekolah tidak akan hidup. OSIS di SMUDAMA memiliki 10 seksi dan tiap seksi memiliki program kerja masing-masing. Tugas dari OSIS itu sendiri adalah menjalankan seluruh program yang telah dimusyawarahkan dalam MUKIAS (Musyawarah Perwakilan Kelas).

Sama halnya dengan PK, tidak sembarang orang yang dapat masuk dalam organisasi ini. Pengurus OSIS itu dipilih oleh Perwakilan Kelas dengan berbagai rapat. Jumlah total dari pengurus OSIS adalah 48 orang, 8 pengurus inti dan 40 pengurus dari tiap seksi.


3. Asrama
Asrama SMAN 2 Tinggimoncong juga harus ada yang mengurusnya. Bukan hanya pembina, tetapi juga dari siswa itu sendiri. Di SMAN 2 Tinggimoncong seluruh bagian asrama diatur oleh pengurus asrama itu, mulai dari kebersihan, keamanan, ketertiban, perlengkapan, ibadah, dan jalannya air.

4.Kerohanian Islam (ROHIS)

Masjid Jabal Nur SMAN 2 Tinggimoncong juga diurus oleh siswa. Mereka yang membuat acara masjid setiap setelah shalat, seperti pembacaan hadist, diskusi agama, kultum, tadarrus, kisah nabi, dan lain sebagainya. Selain acara masjid, mereka juga yang mengurus kebersihan masjid, perlengkapan masjid, buku-buku di masjid, dan ibadah warga asrama.


5. Perpustakaan
Sama halnya dengan asrama dan Masjid Jabal Nur, Perpustakaan Anakkukang juga siswa yang mengurusnya. Mereka yang mengatur peminjaman buku, mendata buku yang masuk, mengatur pelanggaran, membersihkan perpustakaan, dan mengatur pemakaian perpustakaan. Perpustakaan Anakkukang merupakan suatu gedung yang sangat difungsikan. Lantai pertama adalah aula untuk ruang rapat dan lantai dua adalah ruang untuk membaca sebagaimana fungsi perpustakaan sesungguhnya.


6. Palang Merah Remaja (PMR)
Palang Merah Remaja (PMR) merupakan suatu organisasi dan sekaligus ekstrakurikuler yang ada di SMUDAMA. PMR WIRA SMAN 2 Tinggimoncong bertujuan untuk memberikan pengajaran tentang Palang Merah pada saat Ekstrakurikuler. Selain itu, sama halnya dengan OSIS, organisasi juga melaksanakan Program Kerja berdasarkan hasil di MUBES (Musyawarah Besar). Tujuan lainnya ialah mempersiapkan siswa-siswi SMAN 2 Tinggimoncong untuk mengikuti lomba-lomba di bidang Palang Merah. Setiap siswa wajib memilih salah satu di antara PMR atau PRAMUKA

7. Praja Muda Karana (PRAMUKA)
 


Sama halnya dengan PMR, PRAMUKA merupakan organisasi dan sekaligus ekstrakurikuler. Tujuannya pun sama, yaitu memberikan pengajaran tentang kepramukaan agar dapat mempersiapkan diri untuk lomba-lomba di bidang PRAMUKA. Sama halnya dengan OSIS dan PMR, PRAMUKA pun memiliki Program Kerja yang harus dilaksanakan sesuai hasil di MUSPEN (Musyawarah Penegak).
Yang berbeda dengan PMR ialah di dalam PRAMUKA, pengurus Ambalan Mandala-Kirana Celebes (nama ambalan SMAN 2 Tinggimoncong) mengadakan suatu kegiatan rutin 2 tahun sekali (bergantian dengan CESS), yaitu Gelanggang Kreativitas Penggalang Terampil (Elang Tegar) yang merupakan perlombaan antar pramuka penggalang se-SulSelBar.

8. Smudama Science Club (SSC)


Smudama Science Club  atau yang biasa disingkat SSC merupakan salah satu UKO sekaligus ekskul favorit yang dibawahi oleh Sekbid 4 OSIS. Seperti arti dari namanya, SSC merupakan UKO yang menjalankan ekskul yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, dalam hal ini akademik. SSC terbagi menjadi beberapa sub menurut bidang-bidang pelajaran yang diolimpiadekan, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Astronomi, Kebumian, Informatika, Geografi, dan Ekonomi. Setiap siswa wajib memilih salah satu bidang sesuai yang diinginkan. Pembimbingan dilakukan oleh kakak kelas maupun kakak alumni yang berada di sekolah pada saat SSC berlangsung.
9. English Meeting Club (EMC)





EMC merupakan Unit Kerja OSIS (UKO) yang dibawahi oleh Sekbid 10 OSIS Smudama. UKO yang satu ini pasti sudah ketebak dari namanya. Yup, ini merupakan organisasi yang berhubungan dengan bahasa inggris. Ekskul yang dijalankan oleh organisasi ini juga terbagi menjadi beberapa sub yang disesuaikan dengan jenis-jenis lomba bahasa inggris, seperti Debate, Story Telling, Speech, dan Newscasting. Adapun dalam ekskul EMC ini juga dibentuk SET atau Smudama English Team, siswa-siswi Smudama akan di tes sesuai bidang bahasa inggris yang diinginkan untuk kemudian menjadi siswa-siswi yang dipersiapkan mengikuti lomba di bidangnya masing-masing.


10. Smudama Public Relation (SPR)



Nah, Unit Kerja OSIS yang satu ini merupakan UKO yang cukup keren yang dibawahi oleh Sekbid 9 OSIS Smudama. Siswa-siswi yang tergabung dalam UKO ini yang mengelola semua akun sosial media Smudama, yaitu instagram, facebook, twitter, bahkan blog Apa Kabar Smudama ini. Setiap tahunnya akan diadakan seleksi untuk siswa-siswi yang ingin ikut bergabung di UKO  ini. 

11. Bengkel Seni (Bensi)



Mungkin untuk orang yang baru pertama kali mendengar nama organisasi ini akan merasa sedikit bingung akan arti dari nama bensi itu sendiri. Menurut opini seperti arti umum bengkel yaitu tempat perbaikan, tempat merakit, dan pabrik kecil. Jadi mungkin pengertian bensi ialah sebuah tempat (dalam hal ini; tempat =Unit Kerja OSIS) yang menjadi tempat berkumpul untuk membentuk jiwa seni, memperbaiki, serta mengasah berbagai macam bidang seni. Ekskul bensi terbagi menjadi beberapa sub juga, yaitu Vocal, Musik Tradisional, Musik Modern, Tari Tradisional, Tari Modern (Dance), Seni Rupa, dan Fotografi.
 

12. Mading Kiprah



Unit Kerja OSIS yang satu ini merupakan UKO yang dibawahi oleh Sekbid 6 OSIS Smudama dan selalu meramaikan salah satu sisi dinding Smudama. Setiap orang yang melewati bagian dinding tersebut pasti akan meluangkan waktunya untuk singgah dan melihat-lihat rangkaian tulisan kreatif yang terpampang dan menarik perhatian itu. Mading Kiprah merupakan nama dari UKO  yang menyangkut majalah dinding di smudama. Setiap tahunnya akan diadakan seleksi untuk siswa-siswi yang ingin ikut bergabung di UKO  ini.





 

13. Latimojong Sport Club (LSC)


Satu lagi UKO yang menarik perhatian terutama untuk para pecinta olahraga, yaitu UKO yang dibawahi oleh Sekbid 4 OSIS. Latimojong Sport Club atau yang disingkat LSC merupakan UKO yang menjalankan ekskul yang tentunya berhubungan dengan olahraga. UKO ini memberikan kesempatan kepada seluruh siswa-siswi Smudama untuk mengembangkan, mempelajari, maupun menyalurkan kecintaannya terhadap olahraga. Setiap hari kamis pada saat ekskul khusus untuk UKO, siswa-siswi Smudama akan melakukan aktivitas olahraga sesuai cabang olahraga yang diinginkan seperti Basket, Volly, Sepak bola, Catur, dan Bulu Tangkis

14. Perkumpulan Insan Sastra Indonesia (Perisai)



Unit Kerja OSIS yang satu ini dibawahi oleh Sekbid 8 OSIS. Namun biarpun begitu, UKO ini telah menarik begitu banyak perhatian anak Smudama. UKO ini merupakan UKO yang berhubungan dengan sastra. Ekskul UKO ini juga terbagi menjadi beberapa sub, yaitu Debat, Puisi, KIR, dan Essay. Sama halnya dengan EMC, dalam ekskul Perisai juga dikumpulkan beberapa orang dalam setiap bidangnya untuk kemudian dipersiapkan mengikuti kompetisi-kompitisi bahasa.


15. Paskibra
 


UKO yang dibawahi oleh Sekbid 3 OSIS Smudama ini memiliki program kerja seperti melatih siswa siswi SMAN 2 Tinggimoncong dalam hal LKBB (Latihan Keterampilan Baris Berbaris). Selain itu, pengurus Paskibra juga yang mengatur jalannya pengibaran pada saat upacara.



16. Smudama Green Action (MARATON)
Dilihat dari namanya, sudah pasti berhubungan dengan lingkungan. Maksudnya siswa-siswi Smudama ingin terus Smudama tetap hijau. Oleh karena itu Unit Kerja OSIS memiliki program kerjanya seperti membersihkan lingkungan, menanam tanaman serta merawat tanaman itu sendiri.
 
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami