Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Selasa, 07 Juli 2015

On The Spot Smudamers - 7 Kegiatan Siswa Smudama Menjelang UN

Assalamualaikum Wr. Wb. Apa kabar Smudama? Pastinya tetap luar biasa dan fantastis, bertemu lagi kita dalam Smudama OTS. Tak terasa beberapa bulan telah berlalu siswa Smudama terkhususnya kelas 3 telah melaksanakan UN, dengan beberapa kegiatan dan persiapan yang matang, hari itu juga telah terlewati dan menghasilkan hasil yang baik. Menjelang UN tentunya siswa Smudama memiliki beberapa kegiatan yang pastinya bernilai positif dan menunjang kesuksesan UN siswa Smudama. Apa sajakah kegiatan tersebut? mari kita bahas di OTS kali ini dengan 7 Kegiatan Siswa Smudama menjelang UN

1. Snack Malam
Di Smudama kegiatan snack malam sudah tidak asing lagi. Snack malam adalah kegiatan yang dilakukan siswa Smudama pada malam hari. Pada malam hari siswa yang ingin UN dianjurkan untuk snack di ruang saji. Snack memang biasa dilakukan pada pagi dan sore hari, tapi uniknya snack ini dilakukan pada malam hari dimana bertujuan untuk membangkitkan lagi semangat belajar siswa Smudama pada malam hari. Biasanya juga siswa Smudama yang menikmati snack malam ini membawa buku dan berbincang-bincang dengan kerabat mengenai pelajaran sambil menikmati snack yang disediakan oleh kakak ruang saji.Snack malam ini juga berguna untuk menghilangkan rasa ngantuk para siswa Smudama yang hendak belajar. Jadi, snack malam yang diadakan menjelang UN ini memang memberikan dampak yang baik bagi kegiatan belajar siswa Smudama

2. Belajar Kelompok
Smudama adalah sekolah yang berasrama yang didukung oleh beberapa fasilitas yang memadai, maka dari itu dibentuklah kelompok belajar. Belajar kelompok adalah salah satu metode belajar yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dengan belajar kelompok, siswa dapat diajarkan untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai permasalahan dan solusi. Selain meningkatkan sosialisasi, juga melatih siswa bekerjasama, mampu berinteraksi dengan teman lain, dengan tidak memaksakan kehendak dan berargumentasi dengan akal sehat, atau secara umum mengembangkan kemampuan intelektual siswa dalam melakukan proses berpikir. 


Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang isinya rata, dan terdiri atas ketua kelompok. Ketua kelompok inilah yang mengatur kapan dan dimana siswa ingin melaksanakan kegiatan belajar kelompok. Faktanya, banyak dari siswa Smudama memilih belajar kelompok dibandingkan belajar sendiri karena dinilai lebih efektif dan efisien. Pada saat kegiatan belajar kelompok berlangsung maka ada dari salah satu dari anggota kelompok yang memberikan materi dan anggota lain dengan bebas bertanya dan berdiskusi dengan penuh suasana persahabatan. Jadi, kegiatan belajar kelompok ini rutin diadakan siswa Smudama menjelang UN, karena berbuah positif bagi pelaksanaan UN nantinya.

3. Bedah SKL
Bedah SKL ini juga merupakan kegiatan rutin siswa Smudama menjelang UN. Bedah SKL atau Standar Kompetensi Lulus adalah kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan siswa dalam ujian nasional nantinya.  Materinya adalah membedah prediksi soal-soal ujian nasional. Narasumber didatangkan dari tim pembuat soal. Bedah SKL ini tidak hanya siswa Smudama saja yang berpartisipasi, tapi siswa dari sekolah lain juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan bedah SKL ini, dari itulah selain untuk membedah soal dan materi UN juga memberikan kita kesempatan untuk bertukar pikiran dengan sekolah lain.


Sebelumnya Smudama telah membagi siswanya dalam membahas bidang per bidang dalam SKL. Sehingga persiapan mereka dapat lebih matang daripada siswa lain yang tidak membahas SKL tersebut. Karena hal tersebut siswa Smudama dapat saling membagi ilmu.

4. Mabit
Faktor pendukung dari kesuksesan UN selain dari belajar yang giat juga tidak lepas dari hubungan kita dengan sang khalik. Mabit atau Malam Bina Iman dan Taqwa ada salah satu program kerja OSIS yang dimana bertujuan untuk membina iman dan taqwa kita. Kegiatan yang dilaksanakan di Mesjid Jabal Nur ini juga dirangkaikan dengan dzikir dan doa bersama agar siswa Smudama yang sedang berjuang untuk UN diberi kelancaran, kesuksesan, dan hasil yang memuaskan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa Smudama karena doa kita juga penting bagi kesuksesan dan keberhasilan kita bersama.

5. Bimbel
Bimbel atau bimbingan belajar pada umumnya adalah merupakan tempat belajar non formal. Dengan kata lain, bimbel adalah suatu tempat yang dibuat khusus untuk membantu siswa dalam mendalami materi pelajaran sekolah. Bimbel biasanya diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan pelajaran tambahan selain di sekolah.

Dengan keadaan Smudama yang merupakan sekolah berasrama dan tidak terletak di perkotaan, tidak menjadi halangan bagi siswanya yang ingin ikut bimbel, karena beberapa tempat bimbel menawarkan untuk mengajar di lingkungan Smudama dengan berbagai penawaran, tawaran inipun kerap menarik simpati siswa Smudama, jadi tidak hanya belajar materi disekolah, siswa Smudama juga dapat menarik materi dan trik dari bimbel tersebut.

6. Try Out
Menjelang UN, hampir sekolah disetiap wilayah pasti mengadakan kegiatan Try Out termasuk di Smudama. Try Out ini rutin diadakan di sekolah kita yang tujuannya pasti sama, yakni melatih kita dalam pengisian ljk dan tata cara UN yang sebenarnya agar tidak terjadi kekeliruan jika UN tengah berlangsung. Try Out ini juga berfungsi untuk mengetahui sejauh mana materi yang siswa pahami dan sejauh mana usaha siswa selama ini agar siswa bisa lebih meningkatkan pemaham dan pengetahuan Smudama. Try Out di Smudama biasanya disponsori oleh lembaga bimbingan belajar, kementrian pendidikan dan ada juga Try Out yang rutin diadakan oleh IKA Smudama.


7. Sosialisasi Universitas
Langkah siswa Smudama tidak hanya sampai di UN, setelah UN masih banyak hal yang perlu dicapai salah satunya yaitu perguruan tinggi. Menjelang UN, terntunya siswa Smudama tidak hanya memikirkan nasib UNnya saja, tapi juga memikirnkan masa depan dan universitas tempat untuk melanjutkan pendidikan. Dari itu, perlu adanya sosialisasi universitas guna untuk mencari tau informasi seputar universitas atau PTN agar siswa tidak bingung dengan PTN yang ada. Sosialisasi ini biasa diadakan oleh kakak alumni Smudama yang tengah duduk di bangku perkuliahan dan bertamu ke Smudama untuk mengsosialisasikan universitasnya. Adapun hal-hal yang disosialisasikan adalah, mengenai jurusan, profil kampus, faktor penunjang kelulusan di kampus tersebut, pendanaan, hingga sampai pada prospek kerja. Sosialisasi universitas ini memberikan motivasi tersendiri bagi siswa Smudama untuk mendapatkan PTNnya kelak. Hal ini sangat berperan dalam masa depan siswa Smudama, karena besar pengaruh PTN terhadap masa depan kita.

Sekian OTS Smudamers kali ini, semoga 7 kegiatan tersebut dapat menginspirasi anda dalam menghadapi UN. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.....

Created by Hasrilia Beskara & Taqiyyah Al-Aqilah

Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami