Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Saturday, July 5, 2014

7 Ketua Yang Berperan Penting Dalam Aktivitas di Smudama

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  
     Apa kabar smudama? pasti Luar biasa&Fantastis! Di Ramadhan kali ini redaksi On The Spot (OTS) Smudamers hadir lagi. Pada edisi kedua ini OTS akan membahas tentang 7 Ketua Yang Berperan Penting Dalam Aktivitas di Smudama, ketua apa sajakah itu?
1.               Ketua OSIS

Yup, Ketua OSIS. Ketua OSIS adalah ketua yang dipilih ketika Mukilas(Musyawarah Perwakilan Kelas). Kenapa Ketua OSIS berperan penting? Alasannya adalah Ketua OSIS ini memimpin Organisasi Siswa Intra Sekola atau disingkat OSIS. Nah, Osis ini membawahi banyak kegiatan di Smudama. Mulai dari LPLS (Latihan Pengenalan Lingkungan Sekolah), Latihan Dasar Kepemimpinan, Darmawisata, hingga PIR(Pekan Ilmiah Remaja). Selain kegiatan, juga membawahi UKO atau Unit Kerja Osis. Seperti EMC dan SSC.
                           
Pengurus OSIS Masa Bakti 2011/2012
Pengurus OSIS Masa Bakti 2012/2013
     







     2.               Ketua Perwakilan Kelas 

    Ketua Perwakilan Kelas atau Ketua PK. Adalah sebutan untuk orang  yang memimpin organisasi PK atau Perwakilan Kelas. PK bertugas untuk   mengawasi dan mengevaluasi kinerja OSIS. Tujuannya adalah agar jika ada kesalahan atau kekurangan dalam program kerja osis tersebut dapat diperbaiki agar lebih baik kedepannya. Selain itu PK adalah organisasi tertinggi di smudama.
3.               Ketua Asrama


Selanjutnya adalah Ketua Asrama. Seperti yang kita ketahui Smudama adalah sekolah asrama. Maka dari itu ada Ketua Asrama yang dipilih oleh seluruh warga asrama ketika Re-Organisai Asrama. Ketua Asrama memiliki tanggung jawab besardalam kehidupan ber-asrama di Smudama. Ketua asrama juga yang menetapkan peraturan-peraturan seperti jam malam hingga minggu pulang. Ketua Asrama ada 3. Yakni, Ketua Aspura yang membawahi asrama putra, Ketua Aspuri yang membawahi asrama putri dan Ketua Umum yang membawahi kedua-duanya.
Pemberian jabatan secara simbolis dari Ketua Asrama lama ke Ketua Asrama baru.
                    



4.               Ketua Pramuka (Pradana)

Ketua Pramuka atau lebih sering disebut Pradana. Adalah ketua yang memimpin organisasi sekaligus ekskul Pramuka. Pradana memiliki tugas mengurus Pramuka SMAN 2 Tinggimoncong bersama dengan Dewan Kehormatan lainnya. Selain itu Pradana juga membawahi kegiata berbau pramuka di Smudama. Seperti, PTA(Penerimaan Tamu Ambalan), Perdana (Perkemahan Mandala Kirana) hingga kegiatan besar seperti Elang  Tegar.  Pradana ini ada 2, Pradana untuk Mandala Celebes dan Pradana untuk Kirana Celebes. Pradana dipilih ketika Muspen(Musyawarah Penegak).
                        
Pradana Mandala Celebes Masa Bakti 2012/2013 dan Pradana Masa Bakti 2013/2014

5.                Ketua PMR

Selanjutnya adalah Ketua PMR. PMR Wira SMAN 2 Tinggimoncong dipimpin oleh seorang ketua yang disebut Ketua PMR. Ketua PMR ini dipilih ketika Musyawarah Besar (MUBES) PMR. Sebagai organisasi atau ekskul yang sama beesarnya dengan Pramuka. PMR juga memiliki berbagai kegiatan seperti HUT PMI, Latihan Gabungan (LATGAB), dan lain lain. Nah kegiatan itu juga dibawahi oleh Ketua PMR dan panitia inti PMR lainnya.




6.               Ketua Angkatan


Ketua Angkatan adalah orang yg memimpin suatu angkatan di Smudama. Ketua Angkatan ini dipilih ketika pemilihan panitia inti Pagelaran Seni oleh satu angkatan tersebut. Ketua angkatan juga biasa disebut ketua pagelaran. Karena setiap angkatan pasti akan mengadakan Pagelaran Seni dan yang menjadi Ketua Pagelaran juga menjadi Ketua Angkatan di angkatan tersebut. Selain itu Ketua Angkatan juga memimpin angkatan tersebut agar ngkatan tersebut bisa menjadi angkatan yang berprestasi sekaligus mengurus segala masalah dan kegiatan angkatan tersebut.



7.               Ketua-Ketua UKO

Ketua Unit Kerja Osis. Adalah ketua yg dipilih untuk memimpin unit kerja osis tersebut. Ketua uko ini bukan hanya satu karena unit kerja osis di smudama ada cukup banyak. Antara lain Mading Kiprah, SSC(Smudama Science Club), EMC(English Meeting Club), dan lain lain. Setiap uko memiliki kegiatannya sendiri misalnya Ketua SEC (Smudama English Course) bertugas mengatur jadwal SEC, Ketua Mading mengatur jadwal penerbitan, dan masih banyak lagi. Setiap uko memiliki tugas yang berbeda namun sama pentingnya.

Itulah tadi 7 Ketua yg berperan penting dalam aktivitas di Smudama. Bagaimanapun, jika kita terpilih menjadi suatu ketua di sebuah organisasi, kita harus menjalani amanah yg diberikan dengan baik. Sekian OTS kali ini sampai jumpa di edisi berikutnya!.
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami