Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Monday, July 16, 2012

OTS Smudamers Edisi 10 : 7 Acara Pramuka Terdahsyat

Smudamers.. Jumpa lagi pade OTS Smudamers Edisi 10. Pada edisi ke-5 membahas tentang 7 Acara OSIS-PK Terdahsyat, pada kali ini smudamers akan membahas tentang 7 Acara Pramuka Terdahsyat. Yah, jadi di SMUDAMA setiap organisasi berhak mengadakan kegiatan selama kegiatan itu tidak mengganggu aktifitas siswa dan tentunya kegiatan itu bermanfaat. Langsung saja berikut 7 Acara Pramuka Terdahsyat yang diselenggarakan oleh Ambalan Mandala Celebes-Kirana Celebes :

1. Penerimaan Tamu Ambalan (PTA)

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan acara rutin setiap tahun yang diselenggarakan. Acara ini ditujuan untuk anggota pramuka yang baru saja masuk dalam Ambalan Mandala Celebes-Kirana Celebes. Acara ini sebagai tanda masuknya seorang siswa sebagai anggota Pramuka di pangkalan SMAN 2 Tinggimoncong. Dalam acara ini terdapat kegiatan berkemah, acara malam, jalan malam, penerimaan, dan pelantikan anggota.


2. Perkemahan Mandala Kirana (PERDANA)

Perkemahan Mandala Kirana (PERDANA) merupakan perkemahan yang dilakukan sebelum memasuki masa pengujian. Perkemahan ini ditujukan untuk calon penegak bantara yang akan menjadi memakai bantara setelah dilantik. Di PERDANA, calon penagak bantara dibagi menjadi beberapa sangga kemudian tiap kelompok bersaing dalam berbagai macam lomba untuk menjadi 'Sangga of The Year'. Dalam acara ini terdapat kegiatan berkemah, acara malam, dan hiking. Dalam tiap acara tersebut dirangkaikan berbagai lomba untuk mendapatkan poin.

3. Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI)

Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) sama halnya dengan PERDANA. Tetapi pelaksanaannya dilakukan untuk mengisi waktu Sabtu Minggu jika tidak ada kegiatan dan biasanya dilakukan sebelum re-Organisasi kepengurusan Pramuka.



4.Musyawarah Penegak (MUSPEN)

Musyawarah Penegak (MUSPEN) merupakan suatu Musyawarah untuk menentukan ADRT yang akan dipatuhi, menentukan Program Kerja yang akan dijalani, dan menentukan Dewan Kehormatan yang akan menjabat pada kepengurusan berikutnya. MUSPEN ini sangat mempengaruhi jalannya kepengurusan Pramuka yang selanjutnya akan bekerja, jadi harus sangat dibicarakan dengan baik antar dewan ambalan, penegak bantara, calon penegak bantara, dan pembina pramuka.

5. Pelantikan

Dalam Pramuka SMUDAMA, seorang siswa pramuka dilantik 4 kali. Pertama pada saat PTA, kedua pada saat dilantik menjadi penegak bantara, dan terakhir pada saat menjadi Dewan Ambalan. Pada saat dilantik menjadi Dewan Ambalan lah seluruh kepengurusan di Ambalan dipegang oleh siswa itu sendiri.

6. Latihan Gabungan (LATGAB)

Latihan Gabungan (LATGAB) merupakan suatu acara yang bisa dibilang cukup besar dalam Pramuka karena bukan cuma siswa SMUDAMA saja yang terlibat di dalamnya, tetapi juga ada siswa dari sekolah lain. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaran antar siswa di bidang kepramukan. Dalam acara ini anggota pramuka sama-sama berlatih, menerima materi, dan saling kerja sama dalam games-games yang diberikan panitia. Pemateri dalam acara ini adalah alumni dari SMAN 2 Tinggimoncong yang bisa diakui kemampuannya dalam kepramukaan. Tetapi berdasarkan hasil dari MUSPEN 2012, acara ini hanya dilaksanakan 2 kali setahun bergantian dengan Elang Tegar dikarenakan sulitnya untuk membuat suatu kegiatan besar dalam waktu bersamaan.

7. Gelanggang Kreativitas Penggalang Terampil (Elang Tegar)

Gelanggang Kreativitas Penggalang Terampil (Elang Tegar) yang disingkat lagi ETEG merupakan salah satu acara besar SMUDAMA yang dilaksanakan 2 tahun sekali. Dalam acara ini siswa-siswi SMP (penggalang) diundang untuk saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Pada tahun ini acara ini sudah mencakup Se-Sulawesi Selatan Sulawesi Barat. Dari tahun ke tahun peserta dari acara ini ada dari makassar, gowa,soppeng, pangkep, mamuju, dan lain-lain. Salah satu tujuan lainnya diadakan kegiatan pramuka untuk penggalang ini adalah sebagai bahan untuk siswa-siswi SMP agar dapat melihat gambaran tentang SMAN 2 Tinggimoncong dan tentunya untuk melihat bagaimana Pramuka di SMAN 2 Tinggimoncong.

Itulah tadi 7 Acara Pramuka Terdahsyat. Pada edisi selanjutnya akan dibahas mengenai 7 Acara PMR Terdahsyat. Jadi jangan kemana-kemana, tetap cek setiap hari Senin hingga Jum'at hanya di OTS Smudamers.
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami