Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Sabtu, 07 Juli 2012

OTS Smudamers Edisi 5: 7 Acara OSIS-PK terdahsyat

Kini redaksi On The Spot (OTS) Smudamers akan membahas tentang edisi kelima OTS Smudamers pada tanggal 7 Juli 2012.

Dalam pembahsan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 7 Acara terdahsyat OSIS-PK.

Perwakilan Kelas
OSIS


OSIS-PK SMA Negeri 2 Tinggimoncong senantiasa menggelar berbagai acara guna untuk menyukseskan program-program kerja OSIS SMA Negeri 2 Tinggimoncong. Berikut ini adalah 7 Acara terdahsyat OSIS-PK yang digelar pada setiap tahunnya.

1. Mukilas

Mukilas merupakan singkatan dari Musyawarah Perwakilan Kelas. Mukilas ini sendiri bertujuan untuk merencanakan, membentuk serta menyusun program-program kerja osis yang akan dilaksanakan.

Agenda-agenda yang dilaksanakan di dalam Mukilas yaitu meliputi, evaluasi Kepengurusan OSIS masa bakti sebelumnya, pembahasan program-program kerja OSIS masa bakti selanjutnya, pemelihan ketua OSIS serta berbagai agenda lainnya.

2. Latihan Pengenalan Lingkungan Sekolah (LPLS)
Pemberian Materi oleh Guru
Latihan Pengenalan Lingkungan Sekolah (LPLS) atau yang lebih populer disebut dengan MOS (Masa Orientasi Sekolah) merupakan acara yang diadakan untuk siswa-siswi baru SMUDAMA yang bertujuan  untuk mengenalkan lingkungan SMA Negeri 2 Tinggimoncong.

Paradigma mengenai MOS yang merupakan ajang untuk ‘menjahili’ siswa-siswi baru ditepis dengan pemberian materi yang menyangkut tentang kemampuan menyesuaikan diri di SMA Negeri 2 Tinggimoncong yang langsung dibawakan oleh guru-guru dan bahkan secara langsung oleh Kepala SMA Negeri 2 Tinggimoncong. 







3. LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)

Latihan Dasar Kepemimpinan adalah pelatihan dasar mengenai kepemimpinan. LDK sendiri bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa-siswi smudama untuk menjadi pemimpin di masa depan dengan memberikan berbagai materi yang diberikan kepada siswa. LDK juga membiasakan para siswa-siswi agar dapat berfikir dengan kritis dalam menghadapi suatu masalah. Pada hari terakhir LDK pun diadakan evaluasi yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur siswa dalam menerima materi.


4. Darmawisata
Suasana saat mengikuti games
Setelah menjalani karantina selama 2 bulan yang mengharuskan untuk tidak dapat berhubungan dengan dunia luar smudama guna untuk membiasakan diri dengan atmosfer smudama, siswa-siswi baru smudama kemudian melepaskan berbagai penat dengan mengikuti acara darmawisata (darwis).

Namun, tidak hanya siswa-siswi baru saja yang merasakan kegembiraan acara ini, siswa-siswa yang lain pun serta guru-guru turut hadir dalam darmawisata. Jadi, bukan hanya sebagai momen melepaskan penat tapi juga dapat dijadikan ajang untuk mempererat silaturahmi baik antar sesama siswa maupun siswa kepada guru.

Berbagai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di dalam darwis misalnya, games-games dan outbond yang melatih kerja sama dan kekompakan antar siswa-siswi.

5. Bakti Sosial

Bakti Sosial merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai wujud kepedulian siswa-siswi smudama terhadap keadaan masyarakat sekitar yang kurang mampu dengan memberikan bantuan berupa sembako, baju-baju bekas layak pakai, dan lain sebagainya.

Meskipun bantuan yang disalurkan oleh siswa-siswi smudama tidak seberapa dan belum dapat menutupi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan, akan tetapi masyarakat tetap menyambut kegiatan ini dengan sangat antusias. Bahkan, sempat pula siswa-siswi smudama dijamu makan siang oleh masyarakat tersebut.

6. Study Banding




Pengurus OSIS-PK serta Pengurus UKO (Unit Kerja OSIS) juga guru-guru berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Study Banding yang bertujuan. Study Banding dilaksanakan bertujuan untuk agar siswa-siswi dapat bertukar pikiran dan pengalaman kepada siswa-siswi dan guru-guru sekolah yang akan didatangi. Selain itu, peserta Study Banding juga mengunjungi universitas-universitas terkemuka untuk memperoleh informasi-informasi mengenai universitas tersebut.

Untuk studi banding yang dilaksanakan beberapa bulan lalu, siswa-siswi dan guru-guru mengadakan studi banding di Bandung, tepatnya pada SMA 5 Bandung, SMA Pribadi, Universitas Padjajaran serta Institut Teknologi Bandung.


7. Smudama Competition




Smudama Competition atau SC merupakan acara yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kompetisi siswa-siswi smudama. Namun, tetap dengan motto yaitu “bersaing didalam kebersamaan, meraih prestasi dalam kebersahajaan”.

Smudama Competition ini sendiri meliputi lomba yang diadakan perbidang studi sains dan juga secara per-team.
Untuk  bidang studi yang dilombakan yaitu meliputi:
-          Matematika
-          Biologi
-          Kimia
-          Fisika
-          Kebumian
-          Astronomi
-          Informatika
-          Ekonomi










Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami