Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Monday, July 2, 2012

OTS Smudamers Edisi 1 : 7 Tempat Favorit Siswa Smudama


APA KABAR SMUDAMA.......????

Edisi pertama di OTS Smudamers kali ini adalah 7 Tempat Favorit Siswa Smudama.


Smudama memiliki berbagai tempat-tempat yang merupakan kawasan favorit siswa Smudama dalam segala hal, berikut adalah 7 Tempat Favorit Siswa Smudama versi OTS Smudamers.


1. Perpustakaan Anakkukang

Perpustakaan yang diresmikan oleh cendekiawan sulsel, Tanri Abeng, yang merangkap sebagai aula Smudama ini adalah tempat favorit siswa yang dimana memiliki dua lantai yang berfungsi berbeda. 


Lantai atas tersimpan buku-buku yang setiap tahunnya diperbaharui dan juga terdapat beberapa "Buku Sakti" yang diturunkan oleh almuni-alumni Smudama yang telah berhasil selama menjadi siswa dulu. Di lantai ini juga terdapat novel-novel berbahasa inggris yang biasanya dibaca oleh siswa smudama bukan hanya sebagai sarana hiburan tetapi juga sebagai sarana edukasi pembelajaran dan pembiasaan berbahasa inggris. Lantai atas merupakan tempat membaca yang paling tepat untuk membaca dalam keadaan tenang di tengah keramaian Smudama yang merupakan kawasan Kota di Tengah Hutan.

Lantai Bawah biasanya digunakan untuk belajar kelompok, acara-acara sekolah, penyambutan tamu, serta pertemuan para guru di Smudama. Di tempat ini terdapat loker untuk menyimpan barang bawaan siswa yang di dalam pelaksanaan PBM-nya tidak pernah menggunakan tas ke sekolah. Lantai perpustakaan di bagian bawah ini juga menurut beberapa siswa Smudama merupakan tempat yang bersejarah di Smudama dengan berbagai kesan dan kenangan di tempat ini.



2. Selasar



Tempat favorit yang selanjutnya adalah selasar. 

Mungkin selasar adalah tempat yang selalu mengiringi langlah siswa Smudama dalam melaksanakan berbagai kegiatan di smudama. Tidak ada kata terlambat ke sekolah dengan adanya selasar ini karena melindungi siswa dari asrama ke sekolah dari derasnya hujan jika itu terjadi. Tidak hanya itu, selasar juga melindungi siswa dari teriknya matahari yang biasanya terasa lebih panas di musim kemarau.

Dikatakan tempat favorit karena sebenarnya selasar juga memiliki kenangan bagi beberapa orang yang dalam kehidupannya di smudama tidak pernah merasa sendiri. Beberapa siswa juga menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk melepas rindu, tepatnya di pertemuan antara beberapa selasar. Tempat pertemuan bebrapa selasar sendiri namanya adalah Aquarium. Di Smudama terdapat tiga Aquarium, yakni Aspura (Ruang Saji), Aspuri dan Aspurba.


3. Masjid Jabar Nur SMAN 2 Tinggimoncong
                                                      Foto masjid sebelum direnovasi

Tempat ini merupakan tempat favorit siswa Smudama karena di tempat ini, siswa yang merasakan stress bisa menenagkan diri di tempat ini sambil mengikuti serangkaian acara masjid yang biasanya dilaksanakan setelah magrib sebelum makan malam.


Terdapat beberapa buku-buku donasi dari alumni serta buku-buku agama yang telah ada semenjak masjid ini didirikan. Bahkan, siswa smudama yang tidak ingin diganggu di kamarnya biasanya bermalam di masjid ini untuk belajar bersama ataupun sendiri sampai subuh.

Saat ini, masjid satu-satunya di smudama ini sedang melaksanakan tahap akhir dalam pembangunannya yang telah lama direnovasi untuk dijadikan menjadi masjid yang lebih besar dari sebelumnya. Beberapa acara seperti Mabit, Pekan Dakwah, dan beberapa acara islami yang lain biasanya dilaksanakan di tempat ini.



4. Studio



Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang studio ini, hanya angakatn-angkatan yang muda seperti angkatan tiga belas sampai enam belas yang sempat menikmati studio musik ini. Letaknya berada di depan rumah Pak Anas (guru bhs. inggris) dekat dengan ruang kosong yang berada di jajaran ruangan EP dan KN.

Namun walaupaun merupakan bangunan baru, hampir setiap hari siswa smudama ke tempat ini. Terdapat aneka alat musik mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Walaupun sistem kedap suaranya belum terlalu sempurna, namun setidaknya lebih baik dibandingkan ruangan ini yang dulunya merangkap sebagai ruangan seni budaya yang letaknya dekat dari kantor.



5. Belakang Aspura-Asben


Tempat favorit selanjutnya yaitu tempat yang berada di belakang asrama Aspura dan Asben.


Tempat ini merupakan tempat yang paling sering di datangi oleh siswa smudama untuk mencari ketenangan, kesejukan, dan kebahagiaan melihat indahnya pemandangan yanag ada di belakang asrama. Sungguhpun terdapat jurang yang sangat berbahaya, namun tempat ini sering dijadikan oleh siswa Smudama sebagai tempat pencarian inspirasi dari berbagai kegiatan yang ada di Smudama.

Biasanya di dalam kunjungan anjangsana siswa sekolah lain yang berkunjung ke Smudama, tempat ini adalah perlabuhan akhir dari perjalanan anjangsana sekolah lain karena merupakan tempat yang pas untuk mengambil gambar dengan latar yang indah.


Namun, tempat ini hanya terlihat indah di waktu selain malam hari karena indahnya panorama tak bisa terlalu dinikmati di malam hari, namun biasanya akan terlihat indah bila siswa di asrama putra melaksanakan kegiatan bernyanyi bersama pada saat listrik padam untuk mengisi waktu yang sangat sunyi ketika lampu padam di Smudama.

6. Ruang TV



Sudah jelas, tempat ini merupakan tempat favorit siswa yang tidak ingin ketinggalan update informasi yang ada di seluruh penjuru dunia ini. Tempat ini terletak di antara Bangsal Anggrek dan Anggrek 4 untuk putra dan untuk putri terdapat di teras yang terletak di depan Seruni 10.

Tempat ini merupakan tempat yang paling tepat untuk berkumpul bersama sambil bercengkrama bersama kakak adik di Smudama karena bisa lebih mengakrabkan siswa di Asrama.


Walaupun tempat favorit, namun tempat ini tidak pernah dikunjungi oleh siswa selama jam pelajaran, sehingga tidak mengganggu tujuan utama siswa Smudama untuk belajar di tempat itu

Biasanya juga digunakan sebagai tempat nonton bareng jikalau ada pertandingan sepak bola yang dianggap seru dan biasanya juga dihadiri oleh guru-guru untuk ikut berbaur bersama siswa Smudama.


7. Ruang Saji



Tempat favorit yang memang favorit adalah Ruang Saji.

Tempat bertemunya semua orang yang ada di Smudama, tempat untuk melanjutkan hidup di Smudama, tempat untuk bersosialisasi bersama siswa dan guru, dan banyak lagi fungsi dari tempat ini.

Ruang saji merupakan spot atau tempat favorit Smudama yang sempat terpilih sebagai tempat favorit versi Smudamers Awards 2011. Jelas, karena di tempat ini juga lebih banyak kenangan yang terukir dalam semua kegiatan yang pernah ada di Smudama.

Tempat ini menampung hampir tiga ratus warga Smudama setiap hari dengan berbagai pelayan (kakak ruang saji) yang silih berganti keluar masuk menjadi karyawan di tempat yang dikoordinatori oleh Ibu Amir. Tentunya kita tidak asing lagi dengan kak Sarah dan kak Dharma yang selalu setia menemani hari-hari kita di Smudama.

Mulai dari sarapan pagi, snek pagi, makan siang, snek sore, hingga makan malam, ruang saji terbukan untuk melayani siswa yang kelaparan setelah berfikir keras dalam berbagai kegiatan edukasi yang ada di Smudama.



Mungkin itulah tadi 7 tempat favorit siswa smudama versi OTS Smudamers.

Edisi selanjutnya adalah 7 Kegiatan Rutin Terdahsyat di Smudama
Nantikan kelanjutannya pada tanggal 3 Juli 2012.

Salam AKS !
Komentar via Facebook
2 Komentar via Blogger

2 comments:

  1. Nice post, kakak!^^ Inovasi yang sangat keren :D

    ReplyDelete
  2. benar-benar tempat yang sangat difavoritkan siswa... hehehe

    ReplyDelete

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami