Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Monday, July 2, 2012

250 Pelajar Terpilih Menjadi Peserta Forum Pelajar Indonesia, Salah Satunya dari SMAN 2 Tinggimoncong

Setelah melalui proses seleksi, akhirnya 250 pelajar SMA, SMK, dan MA dari 92 sekolah di 29 provinsi Indonesia terpilih mengikuti Forum Pelajar Indonesia yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 3-9 Juli 2012. Salah satu dari peserta dari kegiatan ini berasal dari siswi SMAN Tinggimoncong, Muthiah Abustani


Muthiah Abustani

Forum Pelajar Indonesia adalah kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya untuk pelajar tingkat SMA, SMK, MA, dan sederajat di seluruh Indonesia untuk bereaksi dan berinovasi dalam menyampaikan ide dan gagasan kepada publik. 

Salah satu kekuatan dan juga kelebihan FOR Indonesia adalah pelajar diberikan ruang dan kesempatan untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka sesuai dengan apa yang diminati dan ingin diperjuangkan seperti MDGs, kebudayaan, dan kewirausahaan. 

Ketua panitia penyelenggara Forum Pelajar Indonesia, Fikri Ibadurrahman mengatakan, proses rekrutmen calon peserta Forum Pelajar Indonesia dalam beberapa tahapan. 

Pertama adalah pendaftaran, baik dalam mengusi formulir yang telah disebar untuk 13 ribu sekolah tingkat SMA, SMK, ataupun yang telah dipublikasikan di jejaring sosial dan media publikasi lainnya. 

Tahap kedua adalah seleksi administrasi seperti surat rekomendasi sekolah, surat izin orang tua, termasuk 3 buah surat berisi aspirasi yang ditujukan kepada Bapak Presden RI, Wakil Presiden RI, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan selaku pemegang kebijakan, seleksi kesehatan. 

Tahap ketiga adalah seleski penilaian prestasi akademik dan non akademik. Selain proses ini pun, pada tahun ini panitia melakukan seleksi dengan mempertimbangkan keseimbangan gender, keterwakilan provinsi, agama, dan lain-lain. 

Tahapan proses seleksi ini dilakukan sebagai upaya panitia untuk menemukan komposisi 250 pelajar terbaik yang akan diikutsertakan dalam kegitan Forum Pelajar Indonesia ke-4 ini. Peserta yang terpilih akan mengikuti berbagai kegiatan kreatif dan inovatif seperti kunjungan lembaga Negara (Bank Indonesia). 

Pelajar bertanya Menteri menjawab. Dialog para pelajar dengan Menteri (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Menteri Koperasi dan UKM, Focus Group Discussion (FDG), workshop keterampilan, talkshow (dengan tokoh adat nasional), bagi-bagi pohon, kunjungan media, dan cultural Performance dan Festival Seni Pelajar.

sumber : Indonesia Student & Youth Forum
Komentar via Facebook
1 Komentar via Blogger

1 comments:

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami