Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Jumat, 02 Agustus 2013

OTS Smudamers : 7 Sumber Motivasi Siswa Smudama

Apa Kabar Smudamers ? Tidak terasa Liburan tinggal beberapa hari lagi. OTS ( On The Spot) Kali ini akan membahas mengenai 7 Sumber Motivasi Siswa. Sumber motivasi ini membuat siswa lebih giat belajar dan melakukan hal yang ia inginkan.

1. Keluarga
Motivasi sejak awal diberikan oleh keluarga. Jadi, tidak jarang impian ini berasal dari keluarga. Sehingga siswa terus menerus diberi motivasi oleh keluarga mereka. Karena
motivasi inilah menyebabkan siswa ingin memberikan sesuat terhadap keluarga mereka sehingga siswa berkeinginan membuat mereka bangga. Di SMUDAMA sendiri kebanyakan mendapatkan motivasi dari keluarga. Membuat cita-cita berdasarkan keadaan keluarga mereka.





2. Teman
Dorongan dari teman juga merupakan sumber motivasi siswa SMUDAMA. Contohnya dari teman sebaya. Mereka memberikan motivasi secara tidak langsung maupun secara langsung. Seperti memberi mereka dukungan. Hal tersebut membuat siswa yang mendapat dukungan menjadi lebih giat. Hal ini sering terjadi di lingkungan SMUDAMA dalam hal prestasi. Setiap siswa selalu mendapatkan dukungan dari teman-teman dan juga kakak/adik kelas mereka.

3. Keinginan pribadi untuk mencapai Sesuatu.
Keinginan pribadi kadang kala membuat siswa lebih termotivasi dalam melakukan sesuatu. Seperti contohnya ketika seorang siswa berkeinginan membeli barang yang ia inginkan dengan menggunakan tabungannya sendiri. Ia pun menabung dan mencari cara untuk mendapatkan uang. Seperti halnya siswa SMUDAMA, cara untuk mencapai keinginannya tersebut dengan mengikuti perlombaan. Maka dari itulah tercipta motivasi kepada siswa.


4. Sekolah
Sekolah sering memberikan berbagai macam motivasi. Terutama dari guru. Setiap guru sering memotivasi siswa agar lebih giat lagi belajar. Di SMUDAMA sendiri kadang kala siswa terlintas pikiran mereka untuk melakukakn sesuatu terhadap sekolah. Agar Sekolah bangga terhadap siswa tersebut. Sehingga terciptalah kata-kata emas yang sering terdengar di lingkungan SMUDAMA yaitu "jangan bangga menjadi siswa SMUDAMA tetapi buat SMUDAMA bangga mempunyai siswa seperti kalian".
menggunakan hasil kerja kerasnya seperti hasil dari perlombaan untuk kebutuhannya sendiri maupun orang lain. Cita-cita dan Impian juga yang memberi siswa semangat.

5. Kepercayaan yang diberikan
Saat orang yang kita kagumi, dan orang yang dekat dengan kita memberikan kita suatu kepercayaan. Maka hal yang pasti dirasakan ialah rasa senang. Itu lah bentuk motivasi tersebut. Rasa senang tersebut akan menjadi rasa risih. Sehingga siswa yang mendapatkan
kepercayaan akan menjalankan kepercayaan tersebut agar rasa risih tersebut hilang. Membuatnya menjadi lebih baik ialah jalan terbaik dalam hal tersebut.

6. Rasa Suka
Motivasi anak remaja seperti siswa sendiri kadang kala ialah rasa suka mereka. Rasa suka tersebut menciptakan terjadinya semangat terhadap siswa sendiri. Contohnya ialah seperti rasa sukanya terhadap pelajaran biologi sehingga ia lebih giat belajar mengenai pelajaran biologi tersebut. Contoh lainnya ialah rasa suka terhadap seseorang. Sehingga akan membentuk pemikiran siswa untuk membuat orang yang ia sukai tersebut bangga terhadap dirinya. Siswa tersebut melakukan hal tersebut karena keinginan untuk membalas budi orang tersebut atas hal yang dilakukan orang tersebut. Seperti kakak kelas yang telah mengajarkan kita berbagai hal mengenai kehidupan di SMUDAMA sehingga kita mau membalas kebaikan tersebut.

7. Tak mau kalah/Persaingan
Pasti setiap siswa tidak mau kalah bersaing. Maka dari hal tersebut membuat siswa SMUDAMA menjadi lebih giat belajar. Rasa Tak ingin kalah di kehidupan SMUDAMA sangat banyak. Seperti pada saat perlombaan. Maupun Olimpiade. Hal ini sangat membantu siswa. Di SMUDAMA sendiri memiliki kata-kata emas mengenai rasa
persaingan yaitu "Bersaing dalam kebersamaan, berprestasi dalam kebersahajaan"

Sekian OTS pada kesempatan kali ini. Sumber Motivasi itu dapat datang kapan saja dan darimana saja. Dengan memperhatikan lingkungan sekitar saja dapat menimbulkan motivasi tersendiri terhadap pribadi tersebut. Salam SMUDAMA !




Posted by Adrizal Ramadhan .S

Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami