Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Monday, August 5, 2013

On The Spot Smudamers - 7 Kegiatan Rutin Angkatan di Smudama


Apa Kabar Smudama ? semoga tetap luar biasa, fantastis!
Kali ini redaksi OTS akan membahas beberapa kegiatan rutin yang sering diadakan oleh sebuah angkatan di smudama, ini dia! :

1. Pagelaran Seni


Pagelaran Seni atau yang biasa disingkat dengan ‘PAGEL’ merupakan sebuah acara besar yang rutin dilaksanakan bagi sebuah angkatan. Tujuan dari diadakannya pagel ini bukan hanya agar kita dapat mengetahui dan memperdalam keterampilan maupun pengetahuan seni kita baik itu yang bersifat lokal ataupun non lokal. Tetapi, pagel ini juga bertujuan agar siswa kelas X smudama dapat lebih mengakrabkan diri melalui pagel ini karena dengan adanya pagel, maka akan ada pula Latihan pagelaran (lagel), dan Rapat pagelaran (ragel) yang akan membuat siswa kelas X tersebut saling berinteraksi satu sama lain dengan teman angkatannya, bertukar pikiran untuk menciptakan pagelaran yang fantastis, dsb. Dengan itu, maka rasa solidaritas dan kekeluargaan akan semakin erat dalam sebuah angkatan.

2. Darmawisata dan Baksos
 
Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin bagi sebuah angkatan setelah menjalani masa karantina selama 2 bulan. Pada kegiatan darmawisata, siswa smudama akan lebih akrab satu sama lain karena diselingi dengan berbagai acara yang akan mempererat kekeluargaan sesama siswa smudama. Selain darmawisata, ada pula baksos (bakti sosial) dimana kegiatan ini berfungsi untuk lebih memunculkan rasa sosial siswa dengan penduduk disekitar lingkungan sekolah.

3. Ulang Tahun Angkatan

Ulang tahun angkatan juga menjadi sebuah kegiatan yang tak kalah pentingnya dengan kegiatan lainnya. Biasanya sebuah angkatan akan memperingati hari ulang tahun angkatannya dengan cara yang berbeda-beda. Ulang tahun angkatan ini biasa diadakan sebagai rasa syukur sebuah angkatan karena rasa kebersamaan yang telah dimiliki oleh angkatan tersebut mulai dari saat angkatan tersebut sekolah di smudama sampai menjadi alumni. Jadi, biasanya ulang tahun angkatan ini tetap akan diperingati walaupun angkatan tersebut sudah berstatus alumni di smudama.

4. Mengadakan Try Out

Biasanya, angkatan yang baru saja berstatus alumni akan mengadakan Try Out untuk adik yang satu tahun lebih muda dari angkatannya yang bernotabene akan mengikuti Ujian Nasional pada tahun tersebut. Angkatan tersebut akan datang ke sekolah untuk memberikn Try Out dan kiat-kiat penting yang harus dilakukan dalam menghadapi ujian nasional, selain itu biasanya kakak-kakak alumni juga akan memberikan motivasi-motivasi pembakar semangat kepada yang masih berstatus siswa agar semangat belajarnya tidak kendor dan akan terus membanggakan smudama.

5. Sosialisasi Universitas
Di smudama, tidak jarang ditemukan siswa yang masih bimbang dengan universitas yang akan dipilihnya nanti ketika sudah lulus, oleh karena itu angkatan-angkatan yang sudah lulus (kakak alumni) akan mensosialisasikan beberapa universitas, baik itu di daerah sulawesi maupun daerah jawa sekitarnya untuk dijadikan referensi serta pertimbangan universitas yang akan dituju setelah lulus dari smudama. Bagi siswa smudama, sosialisai universitas dari kakak ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat berharga, karena kita dapat mengetahui universitas mana yang cocok dengan minat dan kemampuan kita
6. Rapat Angkatan
Rapat Angkatan merupakan sebuah kegiatan penting yang dilakukan oleh sebuah angkatan. Dalam rapat angkatan, sebuah angkatan biasanya akan membahas visi dan misi yang akan dilakukan oleh angkatan tersebut dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Contohnya, seperti rapat mengenai target prestasi ataupun target jumlah piala yang akan digapai oleh angkatan tersebut, ataupun beberapa komitmen oleh sebuah angkatan untuk menambah motivasi agar selalu berprestasi.

7. Syukuran Nasional
Syukuran Nasional biasanya dilakukan pada saat sebuah angkatan tersebut sudah duduk pada kelas XII. Angkatan tersebut akan mengadakan syukuran akan prestasi-prestasi nasional yang telah dicapai seperti prestasi pada ajang OSN, LKTI, Tata ruang, NSDC, dan event-event nasional lainnya. Syukuran Nasional ini biasanya diadakan di Ruang Saji Maccini Baji yang dihadiri oleh seluruh warga asrama dan guru-guru beserta kepala sekolah. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan acara makan bersama. Syukuran Nasional ini juga menjadi tanda kesyukuran sebuah angkatan atas prestasi yang telah dicapai di tingkat nasional yang tidak lain selain dari kerja keras individu itu tersendiri tentulah juga berasal dari bimbingan guru-guru dan doa kakak maupun adik, serta teman angkatan tentunya.

 Posted by : DNI
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami