Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Rabu, 07 Agustus 2013

OTS Smudamers : 7 Kegiatan Penggalangan dana

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Apa Kabar Smudamers ? Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera berakhir. Kali ini OTS (On The Spot) Smudamers akan membahas mengenai 7 kegiatan penggalangan dana yang biasanya dilakukan oleh siswa SMUDAMA. Berikut 7 Kegiatan tersebut.

1. TO (Try Out)


Kegiatan ini sangat berperan dalam acara besar seperti mencari dana dalam pagelaran Seni. Dana pagelaran seni sendiri kebanyakan dari kegiatan ini. Kegiatan ini direspon baik oleh siswa. Pasalnya, kegiatan ini memiliki banyak fungsi. Baik dari siswa itu sendiri maupun terhadap orang lain. Di kegiatan TO ini sendiri dilakukakan banyak hal agar
dapat menghasilkan keuntangan sebaik-baiknya. Seperti membuat stiker, mejual perlengkapan-perlengkapan maupun snack. Sebelum TO dilaksanakan, biasanya panitia akan pergi ke berbagai daerah untuk mensosialisasikan SMUDAMA sekaligus membahas mengenai TO ini. Biasanya TO akan dilaksanakan di setiap daerah. Khusus untuk Kota Makassar. Biasanya puncak TO dilaksanakan. Karena TO ini dilaksanakan belakangan.

2. Bazar

Acara Bazar merupakan acara yang kadang kala dilaksanakan, baik di SMUDAMA maupun di luar SMUDAMA. Acara ini bertujuan untuk mencari dana suatu kepengurusan organisasi, maupun suatu acara besar yang membutuhkan dana yang besar. Acara Bazar ada 2 macam yaitu bazar eksternal dan bazar internal. Bazar Internal sendiri dilakukan

3. Mencari Sponsor


Kegiatan mencari sponsor adalah kegiatan yang dilakukan sebelum suatu Kegiatan besar dilangsungkan. Kegiatan mencari sponsor sendiri tidak lah mudah karena dibutuhkan koneksi mengenai hal ini. Siswa yang memiliki tanggung jawab mengenai hal ini akan membawakan proposal kepada suatu perusahaan. Dalam hal ini peran siswa tersebut sangat mempengaruhi nasib calon sponsor tersebut. Apakah ia akan menerima menjadi sponsor
Sponsor untuk acara besar.
atau tidak. Semakin yakin perusahaan tersebut maka semakin tinggi juga tingkat bantuan yang diberikan. Tapi, sangat banyak kendala dalam kegiatan ini. Namun jika berhasil, akan berbuah manis.
dilingkungan SMUDAMA. sedangkan bazar eksternal diluar kampus SMUDAMA. Yang hadir dalam Bazar pun tidak sedikit. Sehingga kegiatan bazar ini sangat berperan juga dalam kegiatan penggalangan dana.



4. Menjual Produk.

Menjual produk seperti jajanan maupun suatu produk buatan sendiri juga merupakan kegiatan yang kadangkala dilakukan di SMUDAMA. Seperi menjual snack, alat tulis, dan lain-lain pada saat barang-barang tersebut dibutuhkan. Menjual Stiker, baju, dan pin juga. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam wirausaha dan desain. Karena kebanyakan seperti pin, baju, dan stiker dibuat oleh siswa SMUDAMA sendiri.





 5. Sumbangan sukarela
Sumbagan sukarela biasanya dilakukan pada saat dibutuhkan. Sumbangan sukarela sendiri dengan menanyakan kepada berbagai sumber investor mengenai dana ini. Biasanya orang tua siswa yang berperan dalam hal ini.

6. Usaha kecil-kecilan

Usaha kecil-kecilan berlangsung di dalam area SMUDAMA. Biasanya siswa yang bertanggung jawab hal ini akan membentu kelompok. Kurang lebih serupa dengan koperasi. Kemudian setiap kelompok membuat usahanya masing-masing. Dalam hal ini setiap usaha yang dilakukan berperan dalam penggalangan dana. Contoh usaha yang kadang dilakukan ialah seperti Menjual mie instant, siomay, dll. Tapi dalam usaha kecil-kecilan ini terdapat juga persaingan dengan orang dalam.

7.  DTD

DTD (Door to door) kegiatan yang menghandalkan retorika seseorang. Sehingga membuat orang yang didatangi rumahnya yakin untuk memberikan sedikit bantuan kepada orang tersebut. DTD sendiri tidak sering dilakukan.


Sekian OTS Smudamers pada kesempatan kali ini. Kegiatan penggalangan dana ini sebenarnya akan terasa pada siswa itu sendiri. Dan kegiatan ini tidak memberikan kerugian bagi siapapun. Karena yang dibutuhkan dalam kegiatan ini ialah kesukarelaan dan keikhlasan. Dalam kegiatan tersebut akan memberikan pengalaman positif terhadap siswa sehingga akan berpengaruh terhadap masa depan siswa.

Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Semoga hari esok akan lebih baik dari pada hari sebelumnya.
Salam SMUDAMA !

Posted by : Adrizal Ramadhan .S
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami