Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Sunday, July 27, 2014

OTS Smudamers - 7 Universitas Favorit Siswa Smudama

Assalamualaikum wr wb..
Apa kabar smudamers? Semoga tetap luar biasa dan selalu fantastik. Tak terasa, bulan suci ramdhan telah berakhir. Nah, sambil menemani malam takbir dan untuk menyambut hari kemenangan bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia, redaksi On The Spot Smudamers hadir lagi dengan informasi yang tidak kalah menarik. Pada edisi kali ini, redaksi OTS Smudamers akan menyajikan informasi mengenai 7 Universitas Favorit Siswa Smudama.

Wajar saja apabila seorang siswa kelas XII SMA mulai berpikir mengenai pendidikan yang lebih tinggi. Mereka mulai memikirkan Universitas yang mereka inginkan. Universitas di Indonesia sangatlah banyak, namun pastinya mereka akan memilih yang terbaik untuk mereka. Berikut, 7 Universitas favorit Siswa Smudama.. apa sajakah itu?

1. Universitas Indonesia ( UI )
Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. UI secara umum dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi papan atas di Indonesia. Program studi di UI dikelola oleh 13 fakultas dan 2 program. Menurut survey lokal yang terakhir dari Globe Asia (2008) UI mendapat peringkat pertama di antara universitas-universitas di Indonesia . Laporan ini juga didukung oleh Majalah Tempo, sebuah majalah utama di Indonesia, yang melakukan survei dan analisis tentang peringkat universitas dan pendidikan di Indonesia. Wajar saja, banyak pelajar SMA yang menginginkan untuk menjadi salah satu mahasiswa di Universitas ternama itu. Tahun ini, saudari Isnah Ayu Annisa merupakan 1 dari banyaknya siswa yang berhasil lolos untuk menjadi MABA ( mahasiswa baru ) di Universitas Indonesia

2. Institut Teknologi Bandung ( ITB )

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia-Belanda. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB. Setelah bertahun-tahun mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai A untuk sebagian besar program studinya, pada tahun 2011 ITB meraih akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang merupakan badan akreditasi independen terkemuka di Amerika Serikat (AS). Kabar bahagianya, tahun ini, Smudama berhasil meloloskan 3 orang siswanya untuk melanjutkan pendidikan di ITB, yaitu saudara Cut Meurah Rudi, Akhyar Anshari dan saudari Ruly Aliefya Taufiq.

3. Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada, disingkat UGM, merupakan universitas negeri tertua di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta tersebut merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Tahun ini, saudara Andi Alfi berhasil lolos masuk Universitas ini.



4. Universitas Hasanuddin ( UNHAS )


Universitas Hasanuddin, disingkat Unhas, adalah perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 11 Juni 1956. Rektor pada tahun 2006 adalah Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.BO.Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya.Namun, awal tahun 1980-an, ketika Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota.

Kini Kampus Unhas menempati areal seluas 220 hektare di Tamalanrea dengan berbagai fasilitas.Sejak akhir tahun 2006 Fakultas di Universitas hasanuddin bertambah 1 yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan. Saat ini telah dikembangkan kampus baru UNHAS yang dikhususkan untuk Fakultas Teknik yang terletak di bekas pabrik kertas Gowa di kabupaten Gowa. Kampus baru ini mulai dipergunakan sejak tahun 2006 walaupun masih dalam tahap renovasi dan pembangunan gedung dan pengadaan fasilitas. Sekarang, universitas ini memiliki 14 fakultas. Banyak siswa smudama yang lolos di fakultas kedokteran Unhas.


5. Universitas Brawijaya ( UB)

Universitas Brawijaya ( biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW atau singkatan resmi UB ) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden no. 196 tahun 1963 yang kemudian tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Brawijaya. Jumlah mahasiswa lebih dari 60 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister, dan program Doktor selain program Spesialis tersebar dalam 10 Fakultas dan 2 Program pendidikan setara fakultas. 

Pada tahun 2008, UB masuk rangking 500+ dunia versi THES (QS World University Rangkings) bersama-sama 7 perguruan tinggi lain di Indonesia dan masuk peringkat 3 di antara perguruan tinggi di Indonesia versi Ditjen Dikti. Pada tahun 2009, masuk rangking 191 di Asia menurut THES. Saat ini UB sebagai ”World Class Entrepreneurial University”telah mendapatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) A dan mayoritas program studi telah terakreditasi A. Pada tahun 2010, UB mendapat penghargaan dari Smart Campus Award 2010, dimana UB menjadi yang terbaik dalam kategori The Most Interactive LocalNode. Mendapat peringkat 59 Asia Tenggara versi Webomatrics. Di bidang penelitian, publikasi ilmiah dosen dan perolehan patent, pada tahun 2010 telah meraih prestasi peringkat 5 terbaik dari seluruh PT di Indonesia. 

Prestasi diatas tentu menarik siswa Smudama untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas ini. Dan tahun ini, saudari Khalifah Lummi Wewang berhasil menembus seleksi UB dengan jalur SNMPTN.

6. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya. ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr.Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957. Nama ITS mulai digunakan melalui Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961 (ditetapkan tanggal 23 Maret 1961) yang juga menyatakan bahwa Dies Natalis ITS pertama adalah 10 Nopember 1960. Institut ini telah terakreditasi A.

Institut Teknologi Sepuluh November merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia yang merupakan salah satu pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia Timur. ITS terkenal dengan keunggulan di bidang teknologi perkapalan dan robotika. Saat ini ITS sedang dalam proses untuk mendapatkan international recognition sehingga mulai tahun akademik 2005/2006 ITS tidak hanya menerima lulusan SLTA Indonesia, tapi juga pelajar lulusan luar negeri. Tahun ini, banyak siswa Smudama yang lolos di ITS melalui jalur SNMPTN.

7. UNIVERSITAS DI LUAR INDONESIA

Selain di dalam negeri, banyak siswa Smudama yang juga melanjutkan pendidikannya di luar Indonesia.Salah satunya di  University of Electrocommunications di Tokyo, Iman University di Yaman, dan Nanyang University di Singapura. Luar biasa bukan?

" Seorang pria yang tidak sekolah mungkin mencuri mobil angkutan, tetapi jika ia memiliki pendidikan universitas ia mungkin mencuri kereta api. (Theodore Roosevelt) . Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Tidak ada batasan bagi manusia untuk terus belajar. Setelah itu, berbagi ilmu adalah hal yang indah apabila dilandasi rasa kepeduliaan.

Sebelum menutup edisi kali ini, seluruh admin apa kabar Smudama mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN ^^. Sampai jumpa di edisi selanjutnya~...
Wassalamualaikum wr wb..


Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami