Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Monday, July 28, 2014

OTS Smudamers - 7 Acara Masjid Jabal Nur SMAN 2 Tinggimoncong

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Apa kabar smudamers? Tidak terasa sudah lebaran, tentunya selama bulan Ramadhan ini, banyak kegiatan keagamaan yang kita laksanakan untuk mengisi bulan yang penuh berkah ini sekaligus meningkatkan iman dan takwa kita. Tentunya kegiatan keagamaan itu tidak hanya kita lakukan di bulan Ramadhan saja tapi harus kita laksanakan secara konsisten di luar bulan Ramadhan. Nah. Di SMAN 2 Tinggimoncong siswa-siswinya sudah dibiasakan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin yang dipusatkan di masjid sekolah yakni Masjid Jabal Nur.
     Masjid Jabal Nur merupakan masjid yang terletak di tengah-tengah asrama SMAN 2 Tinggimoncong, masjid ini merupakan tempat utama siswa dan siswi muslim untuk menjalankan ibadah sehari-hari sekaligus meningkatkan pengetahuan agama melalui kegiatan yang dikenal dengan istilah "acara masjid" yang biasanya dilaksanakan setelah sholat fardhu. Apa sajakah 7 acara masjid yang biasa dilaksanakan di Masjid Jabal Nur SMAN 2 Tinggimoncong?

1. Kultum

Kultum merupakan singkatan dari kuliah tujuh menit, kultum juga biasa disebut dengan ceramah singkat, kultum merupakah salah satu acara masjid yang dilaksanakan setelah sholat maghrib di masjid Jabal Nur SMAN 2 Tinggimoncong, biasanya momen kultum ini dimanfaatkan oleh siswa-siswi smudama untuk saling mengingatkan terutama seputar kehidupan beragama, kultum juga salah satu ajang untuk melatih kecakapan berbicara di depan umum.

2. Tadarus Al-Quran
Tadarus al-quran merupakan kegiatan membaca dan merenungkan ayat-ayat dalam kitab suci Al-quran. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk membaca dan mengkhatamkan Quran, terlebih di bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah.

3. Qiratul Quran

Berbeda dengan Tadarus al-quran, pada acara masjid qiratul quran, para jamaah masjid membentuk sebuah forum dimana setiap orang akan membacakan beberapa ayat, dan apabila terdapat kesalahan makhraj huruf ataupun tajwid dalam bacaannya, jamaah lain membetulkan bacaan tersebut.

4. Tahfidzul Quran
Sebagai umat muslim, sudah menjadi salah satu kewajiban kita untuk menghafal kitab Al-Quran yang merupakan kalam Allah SWT. Dalam kegiatan tahfidzul quran ini, para jamaah masjid bersama-sama menghafalkan surah-surah dalam Al-Quran terutama yang terdapat pada jus 30.

5. Pembacaan Hadits
Hadits adalah perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan landasan syariat Islam. Hadits dijadikan sumber hukum Islam selain al-Qur'an yang mana kedudukannya hadits merupakan sumber hukum kedua setelah al-Qur'an. Pembacaan Hadits di Masjid Jabal Nur rutin diadakan setelah sholat ashar dan isya oleh seksi acara masjid, dengan acara masjid ini, diharapkan siswa-siswi smudama bisa mengamalkan hadits yang didengarkan terutama dalam kehidupan sehari-hari.

6. Diskusi Agama

Pada acara masjid satu ini, Jamaah masjid akan membentuk sebuah forum diskusi yang dipimpin oleh seorang moderator, hal yang didiskusikan yaitu seputar peribadatan sehari-hari. 

7. Sirah Nabawiyah
Acara masjid yang terakhir yaitu Sirah Nabawiyah. Sirah Nabawiyah yaitu pembacaan kisah-kisah nabi dan rasul, dengan pembacaan kisah-kisah ini, diharapkan seluruh jamaah bisa mengambil hikmah dan tentu saja meneladaninya.


Itulah tadi 7 Acara Masjid Jabal Nur SMAN 2 Tinggimoncong. Segenap admin Apa Kabar Smudama sekali lagi mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin. Sampai jumpa!

Sumber gambar : Image.google.com
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami