Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Wednesday, July 4, 2012

OTS Smudamers Edisi 3 : 7 Ekstrakurikuler Favorit Siswa Smudama



Hellow Smudamers..


Kini redaksi On The Spot (OTS) Smudamers akan membahas tentang edisi ketiga OTS Smudamers pada tanggal 4 Juli 2012.


Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan Anda informasi tentang 7 Ekskul Favorit di Smudama.

Ekstrakurikuler (Ekskul) merupakan sebuah kegiatan penunjang siswa Smudama dalam mengembangkan soft skillnya selama menjalani kegiatan di lingkungan Smudama. Berikut adalah 7 Ekskul favorit siswa Smudama :

1. PMR Wira SMAN 2 Tinggimoncong





Ekskul favorit pertama adalah ekskul PMR Wira SMAN 2 Tinggimoncong.

Ekskul ini dibawahi oleh organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) yang dilaksanakan sebagai ekskul wajib siswa Smudama yang dilaksanakan setiap hari kamis dalam setiap minggunya. PMR Wira SMAN 2 Tinggimoncong (PMR Smudama) setiap kamis biasanya melasanakan ekskul ini di Perpustakaan Anakkukang, di Ruang Kimia, atau juga biasanya dilaksanakan di Lapangan baik itu lapangan basket (Lapbas) maupun lapangan upacara (Laup).

Dalam kurun beberapa tahun sejak didirikannya, PMR Smudama selalu meng-upadate materi yang diberikan baik itu dari cabang maupun langsung dari daerah, bahkan juga ada beberapa materi yang berasal dari PMI Pusat saat perwakilan PMR Smudama mengikuti Jumbara Nasional di Gorontalo. Metode mencatat seperti yg diterapkan dari dulu semakin berkembang dengan adanya buku elektronik yang dipelajari oleh para relawan dari SMAN 2 Tinggimoncong.


2. Pramuka Mandala-Kirana Celebes




Ekskul favorit selanjutnya adalah ekskul Pramuka Mandala-Kirana Celebes.

Pramuka merupakan organisasi atau kegiatan yang tidak asing lagi bagi kita karena telah diperkenalkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Ekskul ini juga bersamaan dengan dilaksanakannya ekskul PMR Smudama yakni pada hari kamis. Itulah mengapa siswa Smudama harus memlih antara mengikuti ekskul PMR atau Pramuka.

Ekskul ini dilaksanakan di Ruang agama maupun di lapangan upacara (Laup) bahkan biasanya di lapangan utama (Laut). Biasanya dibimbing langsung oleh pemateri dari cabang atau daerah dan juga oleh para kakak kelas yang telah memiliki beberapa pengetahuan kepramukaan yang lebih dari yang lain.

Pramuka juga lebih sering terjun ke lapangan langsung sambil melaksanakan kegiatan kepramukaan yang telah diajarkan dan sangat berbeda dengan PMR yang biasanya lebih banyak di dalam ruangan.


3. Karate



Ekskul selanjutnya adalah Karate.

Ekskul ini dibawahi langsung oleh Inkanas (Institut Karate do Nasional) dan Forki yang sangat wajib dilaksanakan di Smudama setiap hari selasa.

Ekskul ini lebih diwajibkan karena melatih mental dan fisik siswa Smudama untuk berfikir cepat sebelum bertindak dan dituangkan melalui gerakan-gerakan dasar yang diajarkan oleh para kakak kelas dan juga guru pengajar yang datang langsung melatih siswa Smudama.

Hasil dari latihan setiap selasa akan dibuktikan pada saat pengujian karate yang biasanya dipimpin langsung oleh Pak Rahyuddin Jide dan akan melihat skill siswa dalam meningkatkan gerakan-gerakannya dibuktikan dengan sertifikat dan kenaikan sabuk setiap kali pengujian karate.


4. Smudama Science Club (SSC)



Ekstrakurikuler yang selanjutnya adalah SSC.

SSC adalah wadah yang menaungi siswa yang betul-betul ingin membuktikan diri mereka sebagai siswa yang mampu fokus dan bisa menjadi yang terbaik dalam berbagai bidang-bidang sains yang biasanmya diperlombakan di Olimpiade Sains Nasional.


Bidang-bidang sains yang tergabung dalam SSC ini adalah :
1. Matematika

2. Fisika
3. Kimia
4. Biologi
5. Astronomi
6. Geosains
7. Komputer
8. Ekonomi

SSC memiliki pertemuan di hari rabu dan jum'at. Alhamdulillah, ekskul ini banyak membantu sisiwa dalam mempertahankan maupun meningkatkan prestasi SMAN 2 Tinggimoncong.


5. English Meeting Club (EMC)



Ekskul favorti yang lain adalah EMC.

EMC adalah salah satu pengembangan diri siswa dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggrisnya yang biasanya diaplikasikan dalam berbagai lomba-lomba bahasa inggris yang menurut survei adalah salah satu bidang di daerah Sul-Sel yang banyak mengadakan lomba.

Pertemuan ekskul EMC ini adalah setiap hari minggu. Biasanya mereka dikumpulkan dalam suatu ruangan untuk membahas materi tentang bahasa inggris yang diajarkan langsung oleh para pemateri yang memiliki ilmu lebih dibandingkan dengan siswa yang lain.


Dalam EMC ini, terbagi beberapa kelompok, yakni:
1. Speech

2. Writing
3. Debate
4. Story Telling
5. News Reading


6. Mading Kiprah


Ekskul favorit yang tidak kalah menariknya adalah ekskul Mading Kiprah.

Mading Kiprah adalah ekskul yang mengolah bakat siswa dalam meningkatkan softskill mereka dalam hal redaksi dan lain sebagainya. Bekonsep keindahan dalam menampilkan madingnya, ekskul ini memberikan banyak informasi dan manfaat bagi siswa Smudama dalam menjalani setiap kegiatannya di sekolah.

Tidak hanya itu, selain menjadi ekstrakurikuler yang banyak diminati, ekskul ini juga menorehkan beberapa prestasi yang hampir setiap mengikuti lomba akan mendapatkan piala dalam setiap kegiatan lomba yang diadakan oleh universitas ataupun lembaga lainnya.

7. Bengkel Seni Anak Bangsa (Bensi)



Ekskul favorit terakhir adalah, Bensi.

Bensi (Bengkel Seni Anak Bangsa) adalah ekskul yang juga sangat diminati oleh siswa Smudama. Ekskul ini menaungi siswa dalam berekspresi mengungkapakan segala bentuk emosi dalam sebuah kesenian. Ekskul ini biasanya diadakan setiap hari senin dan juga biasanya dibimbing langsung oleh Ibu Rahmah.


Ekskul ini terbagi lagi :
1. Seni Musik

2. Seni Rupa
3. Seni Sastra
4. Seni Teater

Ekskul ini paling disenangi oleh siswa karena sebagai sarana edukasi, seni juga memberikan dampak secara estetika dan juga mampu menghibur diri sendiri. Biasanya dilaksanakan di ruang seni atau di studio musik.
Prestasi Smudama dalam seni juga tidak bisa dibilang buruk, buktinya 2 tahun berturut-turut Smudama mengirimkan perwakilannya dalam bidang BAND di ajang FLS2N tahun 2009 (Yogyakarta) dan di tahun 2010 (Surabaya).

Itulah tadi 7 ekskul favorit di smudama.

Edisi selanjutnya (5 Juli 2012) akan membahas tentang 7 Acara IKA Smudama Terdahsyat.


Komentar via Facebook
1 Komentar via Blogger

1 comments:

  1. smudama is the best.......saya juga dulnya mendaftar di smudama tapi ngak lolos,jadi curhat deh....

    ReplyDelete

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami