Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Thursday, July 19, 2012

OTS Smudamers Edisi 13 : 7 Jurusan Idaman PTN


Hai Smudamers, jumpa lagi di OTS Smudamers, ini merupakan OTS edisi yang ke-13. Kali ini kita bakalan ngebahas tentang 7 Jurursan Idaman PTN. PTN (Perguruan Tinggi Negara) yang mana di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 112 Perguruan Tinggi Negara (PTN) baik yang berupa Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, sedangkan untuk tes masuk di Perguruan Tinggi Negara (PTN) bisa dilewati dengan beberapa cara yaitu bidik misi, PMDK, UMBPTN, SNMPTN, UMM/UM, undangan, kemitraan tetapi tidak semua Universitas melaksanakan semua jalur masuk tersebut. Dan berikut ini adalah 7 idaman Perguruan Tinggi Negara (PTN).

1. Kedokteran
Kedokteran adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kedokteran adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera. Ilmu ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut, Dalam ilmu kedokteran terdapat banyak cabanng ilmu kedokteran yakni : Spesialiasi diagnostik, ilmu pre-klinis, ilmu klinis dan masih banyak lagi.

2. Teknik
Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik), dalam Ilmu teknik mempunyai banyak cabang seperti, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Informatika, Teknik Nuklir, Teknik Penerbangan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Sipil, Tenik Pertanian, Teknik Pertambangan dan masih banyak lagi.


3. Ilmu Murni
ilmu murni itu ilmu yang fokusnya hanya untuk mengetahui sesuatu, baik itu mengenai asal-usul sesuatu maupun sistematika pembentukannya. ilmu tersebut tidak bertujuan untuk merombak atau mengubah sesuatu, ia hanya mengungkapkan sesuatu, tidak lebih.

4. Hubungan International (HI)

Hubungan Internasional, adalah cabang dari ilmu politik, merupakan suatu studi tentang persoalan-persoalan luar negeri dan isu-isu global di antara negara-negara dalam sistem internasional, termasuk peran negara-negara, organisasi-organisasi antarpemerintah, organisasi-organisasi nonpemerintah (NGO/LSM), dan perusahaan-perusahaan multinasional. Ada banyak Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli.Hubungan Internasional adalah suatu bidang akademis dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif karena berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu, dan dalam Hubungan International juga bekerja sama dengan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).


5. Ekonomi - Akuntansi
Profesi Akuntansai memiliki peranan dalam menyediakan informasi suatu organisasi atau badan usaha kepada para pemakai internal maupun eksternal dalam membantu pengambilan keputusan berbasis Akuntabilitas, Mahasiswa juga dilengkapi dengan matakuliah-matakuliah praktek dalam bentuk Pemeriksaan Akuntansi, praktek Sistem Informasi Akuntansi dan praktek Perpajakan dengan tujuan menghasilkan Auditor Yunior, Perancang Sistem Informasi Akuntansi Yunior, dan Konsultan Pajak Yunior.

6. Psikologi
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya, Psikologi mempunyai banyak metode yang berupa, Metodologi Eksperimental, Observasi Ilmiah, Sejarah Kehidupan, Wawancara, Angket, Pemeriksaan Psikologi, Metode Analisis Karya dan Metode Statistik.

7. Ilmu Sastra
]Ilmu Sastra bertujuan untuk membentuk para sarjana sastra yang berpengetahuan akademis, profesional, dapat mengkomunikasikan pengetahuan sastra dan seni bahasa secara jernih, dapat dipahami, dan dapat diterima, baik oleh komunitas akademis maupun masyarakat pada umumnya, sastra dan ilmu sastra adalah sesuatu yang berbeda yang mana sastra berarti membuat sebuah karya seperti cerpen, novel, puisi, pantun, dsb. sedangkan Ilmu sastra adalah ilmu untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan karya sasta seperti mempelajari cara membuat cerpen, novel, puisi, pantun, dsb.

Oke, sekian OTS kali ini, sampai ketemu di OTS selanutnya

Written by : Muhammad Dadang Wardana Mas Bakar
Komentar via Facebook
2 Komentar via Blogger

2 comments:

  1. sepertinya maksud mas bakar adalah FAKULTAS bukan JURUSAN

    ReplyDelete
  2. setuju dengan anonim di atas

    ReplyDelete

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami