Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Jumat, 05 Juni 2015

Smudamers Raih Penghargaan dalam Youth Program 2015 Kementerian PUPR

Halo Smudamers, kembali berjumpa dengan blog kesayangan kita ini. Kali ini, redaksi Apa Kabar Smudama akan menyajikan informasi terbaru mengenai siswa SMAN 2 Tinggimoncong yang berpartisipasi sebagai delegasi Sulawesi Selatan dalam Youth Program 2015. Mereka adalah Diah Nurul Islami, Nurfitrah Aliyah Fauzi, dan Muh. Irsan Hidayat. Untuk lebih jelasnya, check this out!


Youth Program adalah acara kepemudaan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kegiatan yang bertema “Pemuda Berkarya Ciptakan Permukiman Berkelanjutan” ini merupakan salah satu dari enam kegiatan utama dalam Water, Sanitation, & Cities (WSC) Forum and Exhibition 2015. Adapun lima kegiatan lainnya yakni Indonesia Internasional Water Week 2015, Municipal Solid Waste Management and Domestic Wastewater Management, Smart Planning for Heritage River Cities, National Urban Forum, dan Indo Water Energy Expo and Forum 2015.

 Youth program berpusat di Hotel Grand Sahid Jakarta, 23-29 Mei 2015. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah untuk mengampanyekan  target 100-0-100 kepada generasi muda, yakni 100% akses air minum bersih, 0% permukiman kumuh, dan 100% sanitasi yang baik. Mereka  diharapkan akan menjadi Agent of Change yang dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan target 100-0-100 di tahun 2019 mendatang. Adapun peserta dalam kegiatan ini berasal dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia dan beberapa orang berasal dari Thailand, India, dan Jerman, dengan rentang usia 17-40 tahun.

Acara inti dalam kegiatan ini yaitu pembekalan materi keciptakaryaan, kunjungan lapangan ke Rumah Susun Tzu Chi dan Bantaran Kali Ciliwung Lenteng Agung, dan lomba grup proposal mengenai sanitasi, akses air minum, dan permukiman. Pembagian kelompok dilakukan secara acak untuk lomba proposal dan kunjungan lapangan. Untuk persentase proposal dan laporan hasil kunjungan lapangan dilaksanakan di Jakarta Convention Center, dengan dewan juri yang tak kalah hebat yakni Dra. Endang Setyaningrum, M.T. (Pejabat Fungsional Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman), Dr. Ir. Wicaksono Sarosa (Direktur Eksekutif Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan),  Nugie (musisi sekaligus Sahabat Sanitasi), Tommy Tjokro (presenter/news anchor Metro TV), dan Muhammad Bijaksana Junerosano (Pendiri Gerakan Asosiasi Greeneration Indonesia).

Dalam acara ini, siswa smudama berhasil meraih dua penghargaan yaitu Juara III Lomba Grup Proposal oleh Muh. Irsan Hidayat dan tim, serta Most Favourite Group dalam kunjungan lapangan oleh Diah Nurul Islami dan tim.

Demikian laporan dari redaksi Apa Kabar Smudama kali ini. Semoga Smudama semakin banyak menghasilkan bibit pemuda yang membawa perubahan untuk Indonesia. Karena kita tahu bahwa pemuda adalah tonggak harapan dari bangsa ini. Jangan lewatkan informasi terbaru mengenai Smudama hanya di sini.
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami