Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Thursday, July 12, 2012

OTS Smudamers Edisi 8 : 7 Organisasi Favorit

Hai smudamers...

Jumpa lagi pada OTS Smudamers kali ini. Pada edisi kali ini akan membahas '7 Organisasi Favorit' di SMUDAMA. Organisasi merupakan suatu perkumpulan antar siswa-siswi yang memiliki tujuan masing-masing. Di SMUDAMA ada banyak organisasi, sampai-sampai ada organisasi yang membuat organisasi lagi di bawahnya. Tapi disini smudamers hanya membahas 7 organisasi favorit di SMUDAMA. Let's Check It Out!!!

1. Perwakilan Kelas (PK)
Perwakilan Kelas (PK) yang dulunya Majelis Perwakilan Kelas (MPK) di SMUDAMA merupakan organisasi dengan tingkatan paling tinggi di atas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Perwakilan kelas bertugas untuk mengawasi kinerja OSIS dan memberikan saran serta masukan dalam melaksanakan program kerjanya. Perwakilan kelas merupakan orang-orang yang dipilih dan tidak sembarang orang yang dapat tergabung di dalamnya, karena nantinya mereka yang akan memilih pengurus OSIS. Mereka yang berada dalam organisasi ini hanya dapat menjabat selama 2 periode (2 tahun).

2. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan organisasi yang sangat penting di SMUDAMA. Tanpa adanya organisasi mungkin sebuah sekolah tidak akan hidup. OSIS di SMUDAMA memiliki 10 seksi dan tiap seksi memiliki program kerja masing-masing. Tugas dari OSIS itu sendiri adalah menjalankan seluruh program yang telah dimusyawarahkan dalam MUKILAS (Musyawarah Perwakilan Kelas).

Sama halnya dengan PK, tidak sembarang orang yang dapat masuk dalam organisasi ini. Pengurus OSIS itu dipilih oleh Perwakilan Kelas dengan berbagai rapat. Jumlah total dari pengurus OSIS adalah 48 orang, 8 pengurus inti dan 40 pengurus dari tiap seksi.

Di salah satu seksi, terdapat suatu program kerja yang rutin dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, yaitu Competition of English and Science Smudama (CESS) yang merupakan perlombaan antar siswa SMP di bidang mata pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris.


3. Asrama
Asrama SMAN 2 Tinggimoncong juga harus ada yang mengurusnya. Bukan hanya pembina, tetapi juga dari siswa itu sendiri. Di SMAN 2 Tinggimoncong seluruh bagian asrama diatur oleh pengurus asrama itu, mulai dari kebersihan, keamanan, ketertiban, perlengkapan, ibadah, dan jalannya air.



4. Remaja Masjid (REMAS)
Masjid Jabal Nur SMAN 2 Tinggimoncong juga diurus oleh siswa. Mereka yang membuat acara masjid setiap setelah shalat, seperti pembacaan hadist, diskusi agama, kultum, tadarrus, kisah nabi, dan lain sebagainya. Selain acara masjid, mereka juga yang mengurus kebersihan masjid, perlengkapan masjid, buku-buku di masjid, dan ibadah warga asrama.


5. Perpustakaan
Sama halnya dengan asrama dan Masjid Jabal Nur, Perpustakaan Anakkukang juga siswa yang mengurusnya. Mereka yang mengatur peminjaman buku, mendata buku yang masuk, mengatur pelanggaran, membersihkan perpustakaan, dan mengatur pemakaian perpustakaan. Perpustakaan anakkukang merupakan suatu gedung dimana sangat difungsikan. Lantai pertama adalah aula untuk ruang rapat dan lantai dua adalah ruang untuk membaca sebagaimana fungsi perpustakaan sesungguhnya.


6. Palang Merah Remaja (PMR)
Palang Merah Remaja (PMR) merupakan suatu organisasi dan sekaligus ekstrakurikuler yang ada di SMUDAMA. PMR WIRA SMAN 2 Tinggimoncong bertujuan untuk memberikan pengajaran tentang Palang Merah pada saat Ekstrakurikuler. Selain itu, sama halnya dengan OSIS, organisasi juga melaksanakan Program Kerja berdasarkan hasil di MUBER (Musyawarah Besar). Tujuan lainnya ialah mempersiapkan siswa-siswi SMAN 2 Tinggimoncong untuk mengikuti lomba-lomba di bidang Palang Merah. Setiap siswa wajib memilih salah satu di antara PMR atau PRAMUKA

7. Praja Muda Karana (PRAMUKA)
 
Sama halnya dengan PMR, PRAMUKA merupakan organisasi dan sekaligus ekstrakurikuler. Tujuannya pun sama yaitu memberikan pengajaran tentang kepramukaan agar dapat mempersiapkan diri untuk lomba-lomba di bidang PRAMUKA. Sama halnya dengan OSIS dan PMR, PRAMUKA pun memiliki Program Kerja yang harus dilaksanakan sesuai hasil di MUSPEN (Musyawarah Penegak).
 
Yang berbeda dengan PMR ialah di dalam PRAMUKA, pengurus Ambalan Mandala-Kirana Celebes (nama ambalan SMAN 2 Tinggimoncong) mengadakan suatu kegiatan rutin 2 tahun sekali (bergantian dengan CESS), yaitu Gelanggang Kreativitas Penggalang Terampil (Elang Tegar) yang merupakan perlombaan antar pramuka penggalang se-SulSelBar.




Itulah 7 Organisasi Favorit di SMUDAMA. Jadi di SMAN 2 Tinggimoncong bukan hanya guru saja yang terlibat dalam mengurus suatu kepengurusan, tetapi lebih banyak ke siswanya demi tercapainya Visi SMAN 2  Tinggimoncong, yaitu "Menjadi SMA terbaik yang mampu bersaing secara Nasional dan global dalam menciptakan kader pemimpin bangsa secara berkelanjutan dan berkesinambungan yang memiliki kemampuan Imtaq dan Iptek yang unggul". Dengan adanya organisasi dan siswa yang mengurus, siswa-siswi SMAN 2 Tinggimoncong dapat mulai berlatih untuk menjadi seorang 'Pemimpin Bangsa'.

Sampai jumpa diedisi OTS Smudamers selanjutnya :)
Komentar via Facebook
8 Komentar via Blogger

8 comments:

  1. sebenarnya saya kurang setuju-_-
    MADING KIPRAH saya rasa yang harus menjadi peringkat 1 (y)._.v

    ReplyDelete
  2. kenapa dari kmrin2, PMR urutannya selalu lebih tinggi dari PRAMUKA? Apakah ini sesuai kenyataannya atau karena yang pos ini ketua PMR.Hahahahahahahahahaha

    ReplyDelete
  3. yang posting ini anak pramuka

    ReplyDelete
  4. wah, saya dak tahu, yang posting anak pramuka.... hehehe :D

    ReplyDelete
  5. yang buat daftarnya kak abdhy -,-v

    ReplyDelete
  6. hahahaha, ketahuan juga... :D:D:D:D

    ReplyDelete
  7. jadi ada jawaban Abdi ? hahahaaa

    ReplyDelete
  8. karena abjad PM lebih duluan dari PR...... hahahahah :D

    ReplyDelete

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami