Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Monday, August 8, 2011

KILAS BALIK KEGIATAN RAMADHAN IKA SMUDAMA


Kegiatan ramadhan yang dilaksanakan Ikatan Alumni SMA 2 Tinggimoncong pertama kali pada tahun 2007 (Ramadhan 1428H)

Kala itu sekretariat tetap masih ada. Bertempat di Jl.Kumala, IKA Smudama yang berpusat di Kota Makassar, serentetan kegiatan ramadhan berlangsung dalam tempo dua hari. Diantaranya buka puasa bersama dan sahur on the road. Diantara tamu-tamu yang hadir adalah Ibunda dari alumni smudama(A.M.Averous angkatan IV), alumni dari angkatan pertama hingga terakhir, sampai siswa-siswi smudama pun ikut memeriahkan acara buka puasa bersama. Sayangnya, hari itu, siswa baru belum ada yang sempat hadir. Dalam hal ini angkatan 13. Acaranya cukup meriah dan makin semarak kala rombongan kita berkeliling kota membagikan makanan bungkus. Maklum saja, kegiatan Sahur on the Road baru pertama kali diadakan pada waktu itu. Setelah menyusuri jalan-jalan besar daerah Sungguminasa dan Makassar, kegiatan berakhir di Lapangan Karebosi dengan menyantap makanan sahur bersama.

Tidak berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan Ramadhan 1439H yang berlangsung September 2008 pun tak kalah meriahnya. Tamu-tamu yang hadir pada saat itu selain alumni dan siswa juga hadir seorang guru yang juga sekaligus pembina pramuka ambalan mandala kirana celebes pada saat itu. Yaitu, Bpk.Abu Bakar Muttaqien. Shalat magrib bersama di sekret pun dipimpin oleh beliau, sesaat setelah acara buka puasa dilaksanakan.
Sahur on the road pun berlangsung meriah, namun yang berbeda dari tahun sebelumnya, ketidakadaan mobil pick up seperti tahun lalu yang menambah keseruan kegiatan sahur on the road. Tetap seperti tahun sebelumnya, setelah berkeliling kota membagikan makanan, sahur bersama pun berakhir di halaman Masjid Al Markaz.

Barulah pada tahun 2009, kegiatan Ramadhan 1430H berpindah tempat. Kala itu, kegiatan buka puasa bersama berlangsung di sebuah cafe dikawasan dinas perkebunan. Berbeda dari tahun sebelumnya, buka puasa kala ini dirangkaikan dengan Musyawarah Besar IKA sekaligus menghapus kegiatan Sahur on The Road. Jika ditahun-tahun sebelumnya, panitia buka puasa sibuk dengan pembuatan es buah bersama, ditahun 2009 semuanya pekerjaan tersebut diserahkan kepada Koki Cafe waktu itu. Jumlah peserta buka puasa pun tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, yang hadir hanya sekitar 70an orang plus seorang guru Bpk.Abu Bakar Muttaqien. Seusai buka puasa, kegiatan dilanjutkan dengan LPJ dan pergantian pengurus IKA.

Kegiatan ramadhan yang terakhir adalah pada tahun 2010 kemarin, tepatnya Agustus 2010. Inilah kegiatan buka puasa yang paling ramai sepanjang sejarah buka puasa IKA. Peserta yang hadir sekitar 120 orang ditambah 3 orang guru diantaranya Bpk.Alauddin, Bpk.Syamsiar, dan Bpk.Abu Bakar Muttaqien. Kegiatan berlangsung di rumah salah seorang alumni (Ihsan Angkatan V) dikawasan manuruki. Yang membuat buka puasa kala itu meriah adalah kehadiran banyak alumni dari luar Makassar. Dan seperti tahun sebelumnya, lagi-lagi sahur on the road ditiadakan. Kegiatan setelah buka puasa hanyalah Futsal.

Selain kegiatan buka puasa bersama yang berlangsung di Makassar, IKA SMUDAMA di daerah lain tentu tak mau kalah. IKA SMUDAMA di daerah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya pun rutin mengadakan kegiatan seperti ini tiap tahunnya.

Akankah kegiatan buka puasa tahun ini semeriah tahun lalu. Kita tunggu saja. Format acara yang berbeda tentu saja telah dipersiapkan matang oleh pengurus IKA yang baru saat ini. Seperti yang kita tahu bahwa tahun ini, acara buka puasa IKA SMUDAMA akan dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. IKA SMUDAMA akan mengadakan buka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan. Insya Allah kegiatan ini akan berlangsung minggu depan yang bertempat di daerah Toddopuli Makassar.

Tak lupa pula kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu hingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
Khususnya kepada para donatur alumni, kepada orang-orang yang telah banyak mengorbankan waktu dan tenaganya demi kegiatan ramadhan IKA Smudama dari awal sampai akhir. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan rejeki dari Tuhan Yang Maha Esa. Semoga kegiatan seperti ini dapat lebih memperat tali silaturahmi kita semua. Amien Ya Rabbal Alamien.

(oleh kakak Admin SMUDAMA Malino Full)
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami