Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Kamis, 31 Oktober 2013

Parlemen Remaja 2013 diantaranya adalah siswa SMAN 2 Tinggimoncong

       Parlemen Remaja adalah salah satu kegiatan yang memberikan pembelajaran demokrasi dan politik bagi remaja-remaja diseluruh indonesia. Dimana, pada kesempatan kali ini 3 orang dari siswa SMAN 2 Tinggimoncong mendapatkan kesempatan untuk mewakili provinsi Sulawesi Selatan dalam kegiatan Parlemen Remaja, antara lain Lisa Nashfati Muhammad, Diah Nurul Islami. M, dan Rahma Maghfirah. Untuk bisa mengikuti kegiatan ini tentu bukanlah hal yang mudah, setelah melalui proses seleksi essay dengan jumlah kurang lebih 600 pengirim essay se-Indonesia yang kemudian hanya 136 orang yang diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut.


Dibawah ini adalah cuplikan berita dari pembukaan acara Parlemen Remaja 2013. 

Wasekjen Buka Rangkaian Acara Parlemen Remaja

26-Okt-2013


  Wakil Sekretaris Jenderal DPRRI  Achmad Djuned secara resmi membuka Rangkaian acara Parlemen Remaja 2013. Parlemen Remaja akan berlangsung dari 25 hingga 29 Oktober 2013, yang berlokasi di Bogor dan Jakarta.


Parlemen Remaja merupakan salah satu amanat dari Inter Parliamentary Union(IPU), dimana Indonesia yang merupakan anggota IPU harus turut berperan serta mengembangkan demokrasi, dengan cara memberikan pendidikan politik kepada generasi muda.
Parlemen Remaja pertama kali diselenggarakan oleh DPR RI pada tahun 2008, dan tahun ini merupakan Parlemen Remaja ke 5(lima). Acara ini mengundang sebanyak 136 peserta dari 30 provinsi di Indonesia.

“Parlemen remaja tahun ini saya lihat mereka antusias dan sudah memahami tentang kedewanan. Mereka adalah orang-orang terpilih dari setiap provinsi, jadi mereka diseleksi di masing-masing provinsi. Jadi, ketika mereka hadir di sini, sudah memiliki bekal pengetahuan soal kedewanan, kinerja dewan, bahkan kegiatan anggota dewan,” ujar Djuned ketika diwawancara Tim Parle usai memberikan sambutan di Griya Sabha Kopo, Bogor, Sabtu (26/10) pagi.

Ke 136 peserta ini merupakan siswa-siswi pilihan dari masing-masing provinsi. Agar generasi muda ini dapat mengikuti kegiatan Parlemen Remaja, mereka diwajibkan untuk membuat essai dengan tema Fungsi DPR (Legislasi, Anggaran, Pengawasan) dalam Kontribusi Percepatan Pembangunan, dilanjutkan dengan seleksi dari Tim Humas DPR RI.
Dalam sambutannya, Djuned menyatakan apresiasinya kepada para peserta yang merupakan pemuda-pemuda pilihan yang mewakili provinsinya. Ia juga menyatakan rasa bangganya kepada siswi-siswi yang sudah memahami tentang kedewanan dan politik di Indonesia.
Ia berharap, ke depan siswa-siswi yang sudah mengikuti Parlemen Remaja, semakin memahami kerja politik, sehingga nantinya ketika mereka melakukan kegiatan-kegiatan atau terjun ke masyarakat, akan lebih matang dalam pemahaman politik.
“Harapan kita adalah mereka representasi masyarakat setiap provinsi. Sehingga, ketika Anggota Dewan melakukan kunjungan daerah, mereka bisa menjadi fasilitator antara anggota DPR dengan masyarakat setempat ketika melakukan pertemuan,” imbuh Djuned.
Dalam acara ini, peserta akan melakukan simulasi Rapat Kerja dan Rapat Paripurna di Griya Sabha Kopo, dan puncaknya akan dilakukan Rapat Paripurna sesungguhnya di Ruang Paripurna di Gedung Nusantara II. Selain itu, para peserta juga akan mendapatkan materi dari Wakil Ketua Komisi II Arif Wibowo dan Anggota Komisi X Dedi S Gumelar. (sf), foto : naefuroji/parle/hr.

Semoga kedepannya, siswa siswi SMAN 2 Tinggimoncong bisa lebih mengharumkan nama sekolah dikancah nasional maupun internasional.

sumber:http://dpr.go.id/id/berita/lain-lain/2013/okt/28/6986/wasekjen-buka-rangkaian-acara-parlemen-remaja-
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami