Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Friday, July 19, 2013

Daily Smudama: Lapangan Upacara

Apa kabar Smudama? Meskipun sekarang kita dalam suasana
 bulan puasa, semoga semangat Smudamers tetap luar biasa! Pada postingan sebelumnya, Daily Smudama telah membahas lapangan basket (lapbas). Kali ini, kami akan memberikan informasi menarik

 mengenai Lapangan Upacara.


Lapangan ini terletak di bagian tengah wilayah sekolah Smudama. Di depan lapangan upacara ini terdapat ruangan Bahasa Indonesia dan ruangan agama, di sebelah kiri terdapat ruangan kimia, di bagian belakang ruangan ini terdapat kantor, dan di sebelah kanan berjejer tiga  ruangan kelas, yakni  matematika, ruangan sejarah/sosiologi, dan ruangan ekonomi/geografi.

Lapangan ini memiliki beberapa fungsi, yakni sebagai berikut:
1.       Pelaksanaan Upacara Bendera
Sesuai namanya, lapangan ini berfungsi untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera setiap hari Senin pagi. Yang menjadi pelaksana upacara adalah siswa Smudama sendiri secara bergiliran per kelas setiap minggunya. Sejuknya udara pegunungan dan kesadaran dari setiap peserta upacara akan pentingnya uapacara bendera sebagai wujud menghargai jasa pahlawan bangsa membuat upacara bendera di Smudama belangsung dengan khidmat.

2.       Latihan Upacara Bendera
Untuk melaksanakan upacara bendera yang berjalan baik dan lancar, pelaksana upacara tentunya memerlukan persiapan sebelumnya dalam bentuk latihan. Latihan upacara di Smudama dilaksanakan setiap hari Minggu malam sebelum pelaksanaan upacara keesokan harinya. Pelaksana upacara dilatih oleh pengurus Paskibraka Smudama yang didominasi oleh Purna Paskibraka Kabupaten Gowa yang menangani bagian baris-berbaris dan pengurus Bengkel Seni yang menangani paduan suara serta diawasi oleh Seksi Bidang 3 OSIS.

3.       Latihan Pramuka
Kegiatan dalam ekstrakurikuler pramuka di Smudama terbagi menjadi dua, yakni pemberian materi dan praktek. Khusus untuk prakteknya diadakan di lapangan upacara, seperti latihan tali temali, upacara buka dan tutup latihan, dan kegiatan praktek lainnya.

4.       Tempat Berkumpul saat Jumat Bersih
Setiap hari Jumat, diadakan kegiatan jumat bersih (jumsih) yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan Smudama. Kegiatan ini termasuk salah satu program kerja Seksi Bidang 7 OSIS. Sebelum jumsih dimulai, seluruh siswa berkumpul di lapangan upacara untuk pembagian wilayah yang akan dibersihkan dan koordinator sapu masing-masing kelas. Koordinator sapu adalah orang yang diberi tanggung jawab untuk mengambil dan mengawasi sapu yang digunakan oleh kelasnya agar saat dikembalikan jumlahnya tetap sama seperti semula. Setelah pelaksanaan jumsih, seluruh siswa akan berkumpul di laup untuk mengumpulkan kembali sapu yang telah digunakan sekaligus pengumuman kelas yang terbersih dan terkotor saat jumsih pada waktu itu.
Terdapat beberapa hal menarik dari lapangan ini. Salah satunya adalah tangga yang terdapat di bagian belakang lapangan upacara. Tangga ini adalah salah satu akses yang bisa dilewati bila ingin menuju ke kantor. Namun, saat jam pelajaran berlangsung, hanya guru-guru yang boleh menggunakan tangga ini. Hal ini bertujuan untuk menjaga ketertiban jalur mobilitas dari kantor ke ruangan-ruangan kelas agar lapangan upacara tidak menjadi ramai akibat banyaknya orang yang melalui jalur tersebut. Hal unik lainnya adalah tangga yang sering disebut Tangga Mepes di kalangan siswa Smudama ini merupakan tempat untuk berfoto bagi Pengurus OSIS dan PK setiap tahunnya. Tangga ini selalu menjadi tempat andalan Pengurus OSIS dan PK sebagai latar belakang dalam foto kepengurusannya dari angkatan-angkatan terdahulu.
Demikianlah informasi menarik mengenai lapangan upacara di Smudama. Semoga bisa menambah pengetahuan mengenai sekolah kita yang tercinta, SMAN 2 Tinggimoncong. Nantikan informasi menarik dari Daily Smudama berikutnya!


Created by: Muh. Irsan Hidayat
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami