Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Selasa, 03 Juli 2012

OTS Smudamers Edisi 2 : 7 Acara Besar yang Rutin di Smudama

Hellow Smudamers..

Kini redaksi On The Spot (OTS) Smudamers akan membahas tentang edisi kedua OTS Smudamers pada tanggal 3 Juli 2012.

Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan Anda informasi tentang 7 Acara Besar yang Rutin di Smudama.

Keaktifan sisiwa Smudama baik itu di bidang akademik memang tidak diragukan lagi karena mereka masuk ke tempat ini dalam serangkaian ujian yang sangat ketat dari berbagai siswa se-Sul-Sel. Namun ternyata siswa Smudama tidak hanya statis mengembangkan dan mengasah otak mereka dalam hal akademik, namun dalam membuat acara-acara yang dihimpun dalam suatu kepanitiaan yang diurus langsung oleh siswa itu sendiri dengan sedikit arahan dari guru-guru Smudama. Berikut adalah 7 Acara besar yang rutin dilakasanakan di SMAN 2 Tinggimoncong.

1. Perayaan Idul Adha (Qurban)


Acara besar yang pertama adalah perayaan idul adha atau yang biasa disebut idul qurban di kampus SMAN 2 Tinggimoncong.

Acara ini biasanya dilaksanakan tepat pada saat Idul Adha setiap tahun dimana para warga siswa Smudama beserta warga sekitar di lingkungan Smudama menunaikan ibadah Shalat Idul Adha di kawasan lapangan basket (Lapbas) SMAN 2 Tinggimoncong.

Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun di Smudama kecuali pada tahun 2009 dan 2010 sejak dimulainya acara ini. Para siswa Smudama terpaksa harus pulang ke kampung masing-masing pada saat itu. Namun pada tahun lalu (2011) kembali lagi diadakan, namun ternyata hanya beberapa siswa saja yang berminat untuk melaksanakan Shalat Ied bersama di Smudama dan yang lain lebih memilih melaksanakan ibadah ini bersama keluarga mereka di daerah masih-masing.

Disebut sebagai acara besar karena acara ini menelan biaya yang tidak sedikit. Ini juga yang menjadi alasan pada tahun 2009 dan 2010 acara ini tidak diadakan karena pada saat itu Smudama sedang dalam pengawasan Bawasda terkait pemungutan yang ada di daerah pendidikan di Kabupaten Gowa. Biaya yang lumayan banyak itu dikumpulkan untuk membeli beberapa hewan Qurban yang dikurbankan di depan Lab. Bahasa Inggris. Alhasil, warga Smudama yang ada pada saat itu dapat menikmati hasil dari pemotongan hewan tersebut setiap hari dalam seminggu.


2.  HUT RI Desa Parigi


Hari Ulang Tahun Republik Indonesia juga merupakan acara yang cukup besar yang ada di Smudama.

Acara ini diadakan tepat pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya untuk memperingati perjuangan para Pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia pada zaman dahulu. Acara ini diadakan di Lapangan Utama (Laut) Smudama yang pelaksana upacaranya adalah seluruh siswa SMAN 2 Tinggimoncong.

Biasanya, acara ini dimodifikasi sedimikian rupa sehingga memiliki kemiripan dengan acara pengibaran bendera pusaka di tingkat kabupaten sampai nasional sekali pun. Para pasukan pengibar berndera yang terdiri dari pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45 berasal dari siswa kelas 10 Smudama yang dibimbing oleh beberapa pelatih dari kakak kelas yang pernah mengikuti paskibra di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Namun, sejak angkatan 15 (Athena) acara ini sudah tidak pernah lagi dilaksanakan mengingat jadwal Smudama yang apabila bulan Ramadhan itu memiliki jadwal libur yang sangat panjang, yakni selama sebulan. Sehingga pada tahun 2010 dan 2011 serta 2012 mungkin tidak akan dilaksanakan lagi dan kembali akan dilaksanakan mungkin pada tahun 2013 oleh angkatan 18  SMAN 2 Tinggimoncong.


3. Perpisahan dan Penamatan kelas XII


Acara ini merupakan acara yang besar slanjutnya yang pernah diadakan oleh siswa SMAN 2 Tinggimoncong.

Acara ini biasanya dilaksanakan di Ruang Saji dan dihadiri oleh para petinggi Dinas Pendidikan Sulsel, petinggi dari Yayasan Pendidikan Latimojong, serta para warga SMAN 2 Tinggimoncong, dan yang terpenting adalah para orang tua siswa yang ingin melihat anaknya ditamatkan dari sekolah yang apabila Anda telah memasuki tempat ini pasti merasakan bahwa sekolah ini tidak ada duanya.

Dalam acara ini disuguhkan beberapa acara yang spektakuler yang diambil dari acara-acara yang ditampilkan pada Pagelaran Seni sisiwa kelas 10 yang biasanya dilaksanakan setelah mendapatkan pengumuman kelulusan UN SMAN 2 Tinggimoncong.

Acara ini sekarang dibawahi oleh pihak OSIS SMAN 2 Tinggimoncong yang tidak pernah putus dilaksanakan setiap tahunnya dan kita patutu bersyukur karena sampai sekarang tidak ada alumni atau siswa yang tidak pernah mengikuti acara ini karena sampai saat ini SMAN 2 Tinggimoncong sejak didirikannya masih memegang kelulusan 100% setiap tahunnya.


4. Elang Tegar (ETEG) - pramuka


Elang Tegar (ETEG) adalah singkatan dari Gelanggang Kreativitas Penggalang Terampil yang diadakan di komplek Smudama setiap tahunnya.

Acara ini dibawahi langsung oleh organisasi Pramuka Mandala-Kirana Celebes dan dibantu oleh beberapa organisasi yang lainnya yang diadakan dua tahun sekali. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Utama (Laut) SMAN 2 Tinggimoncong.

ETEG adalah kegiatan lomba kepramukaan tingkat SMP Se-Sul-Sel yang rutin dilaksanakan tidak hanya sebagai ajang mempersatukan organisasi kepramukaan penggalang (SMP) se-Sul-Sle tetapi juga diperuntukkan agar mampu menyosialisasikan SMAN 2 Tinggimoncong.

Tahun ini kembali lagi akan dilaksanakan Eteg yang keenam yang dilaksanakan di akhir tahun ini. Eteg juga termasuk acara yang memiliki Mars yang setiap perhelatannya itu berganti dari Eteg 1 sampai Eteg 6.


5. Competition of English and Science Smudama (CESS)


Competition of English and Science Smudama (CESS) adalah acara rutin terbesar selanjutnya.

CESS merupakan proker OSIS SMAN 2 Tinggimoncong yang dipanitiai oleh siswa dengan bantuan beberapa guru mata pelajaran. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan juga di akhir tahun dan berselingan dengan Eteg setiap tahunnya.

Dalam CESS ini, banyak mata pelajaran yang dilombakan baik itu di akademik maupun yang non akademik. Dalam bidang sains biasanya terdiri dari Matematika, Fisika, dan Biokim. Sedangkan dalam bidang English terdiri atas Speech, Telling Story, Debate, Amazing Race, dll.

Sama halnya dengan Eteg, CESS juga memiliki mars setiap perhelatannya, namun yang beda, mars CESS baru ada sejak CESS yang ketiga dan juga CESS yang keempat. Tahun depan kembali lagi akan dilaksanakan acara ini. So, Prepare your self...

6. Pagelaraan Seni


Acara selanjutnya adalah Pagelara Seni (Pagel).

Pagelaran Seni merupakan acara besar yang paling banyak memerlukan dana setiap tahunnya. Ini membuktikan betapa berkembangnya siswa Smudama dalam mengelola sebuah kepanitiaan yang sangat besar hingga berhubungan langsung dalam pencarian dana setiap tahunnya.

Bagi siswa Smudama, momen dari Pagel ini juga adalah suatu momen hidup di Smudama yang sangat berkesan di hati mereka karena di dalam kegiatan inilah  mereka mampu mengenal satu sama lain dan juga mampu menemukan karakter mereka yang akan dijalani selama tiga tahun kedepan.

Pagel ini juga diperuntukkan dalam pelepasan siswa kelas XII yang akan meninggalkan Smudama di detik-detik akhir keberadaan mereka di tempat itu. Dalam acara ini disuguhkan acara yang sangat menarik dan spektakuler yang dibimbing langsung oleh guru seni budaya yaitu Ibu Rahmah.

Acara ini juga termasuk proker dari OSIS SMAN 2 Tinggimoncong yang dilaksanakan oleh siswa kelas X.


7. Malam Mepes


Acara rutin yang terakhir adalah Malam Mepes.

Mepes dalam bahasa Smudama adalah Menebarkan Pesona, jadi pada malam ini para siswa kelas XII Smudama yang akan meninggalkan Smudama pada esok harinya bergembira ria di Ruang Saji sambil melaksanakan Malam Mepes ini dengan penuh semangat.

Malam Mepes ini sebenarnya adalah malam pesta kostum oleh para siswa kelas XII untuk mengekspresikan kegembiraan mereka selama 3 tahun berada di lingkungan SMAN 2 Tinggimoncong.

Pada malam ini mereka mengenakan kostum yang unik dan bertema satu sama lain. Biasanya ini dilaksanakan sehari sebelum pementasan pagelaran seni untuk memberikan semangat juga kepada adki kelas X yang akan mempersiapkan pagelarannya sebagai hiburan sebelum bekerja keras pada malam Pagelaran.



Itulah tadi 7 acara rutin terdahsya yang dilaksanakan di smudama.

Edisi selanjutnya (4 Juli 2012) akan membahas tentang 7 Ekstrakurikuler Favorit Siswa Smudama.
Komentar via Facebook
2 Komentar via Blogger

2 comments:

  1. setauku klo qurban memang dari dulu tapi klo shalat ied barusan ki lagi nah,, ka 3 tahun di smudama ndk pernah ied-an di skolah

    BalasHapus
  2. ohh, iya kak, mungkin dak terjangkau sama admin yang itu... tapi kami cuman memberikan informasi bahwa Idul Qurban itu adalah acara besar rutin di Smudama dan serangkaian acaranya itu bisa saja Shalatnya saja dan juga Qurbannya saja, kak...

    BalasHapus

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami