Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Tuesday, July 1, 2014

OTS Smudamers - 7 Lomba Paling Bergengsi Bagi Siswa Smudama

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  
     Apa kabar smudama? Luar biasa! Fantastis! Di awal Ramadhan tahun ini redaksi On The Spot (OTS) Smudamers kembali hadir. Pada edisi pertama ini kami akan membahas tentang 7 lomba paling bergengsi yang biasa diikuti oleh siswa-siswi smudama, apa sajakah?
   
Logo OSN
1. Olimpiade Sains Nasional (OSN)
 Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing. Bidang yang dilombakan pada jenjang SMA ada 9 bidang yaitu matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, komputer, ekonomi, kebumian, dan geografi. Setiap tahunnya, smudama tidak pernah absen mengikutkan siswa-siswinya untuk mengikuti ajang bergengsi ini.


2. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)
Logo OPSI

 Lomba berikutnya yaitu OPSI, sesuai dengan namanya, OPSI adalah ajang penelitian untuk siswa SMA/SMK/MA. Ruang lingkup dari Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) mencakup bidang IPA (Pertanian, Biologi, Matematika, Fisika, Mesin, Elektronika, Kimia, Geologi, Kesehatan Psikologi dan Ekologi) yang murni atau terapan dan penemuan-penemuan yang bersifat inovatif yang kesemuannya itu merupakan hasil peneltian siswa itu sendiri.

3. Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)
Logo FLS2N
 FLS2N merupakan agenda tahunan Kementerian Pendidikan Nasional yang dimulai pada tahun 2008. Tidak seperti lomba lain yang kebanyakan merupakan lomba dalam bidang akademik, FLS2N adalah lomba bagi siswa yang mempunyai bakat di bidang seni. Ajang yang dilombakan di kompetisi ini yaitu teater, seni suara (vocal), tari kreasi berpasangan, desain grafis (poster), lomba baca dan cipta puisi, kriya (kerajinan tangan), dan pembuatan film pendek. 

4. Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA)

 Jumbara adalah salah satu kegiatan besar organisasi PMI disetiap tingkatan untuk pembinaan dan pengembangan PMR seperti halnya jambore pada organisasi Pramuka, dan di ikuti oleh semua anggota PMR Madya dan PMR Wira yang terdapat di lingkup PMI cabang. Jumbara merupakan salah satu media untuk meningkatkan wawasan kepalangmerahan.



5. Hasanuddin School Debate Championship (HSDC)

HSDC merupakan lomba debat bahasa inggris yang diselenggarakan oleh Hasanuddin English Debating Society (HEDS) Universitas Hasanuddin. Tujuan diadakannya lomba debat ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan dalam menyampaikan dan mempertahankan argumen secara lisan.  

6. Chemistry Smart Challenge
Chemistry Smart Challenge adalah even tahunan berupa lomba kimia antar smp dan sma yang diselengarakan oleh lembaga kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Kimia Unhas (HMK). Setiap tahunnya SMAN 2 Tinggimoncong selalu mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti ajang bergengsi ini.


7. Smart Generation Tata Ruang
Lomba Tata Ruang 2013 
Smart Generation Tata Ruang adalah sebuah event yang diselenggarakan oleh Kementerian PU (Pekerjaan Umum), terdapat beberapa cabang lomba yang dilombakan pada event Tata Ruang ini, yaitu lomba karya tulis ilmiah, lomba sketsa, lomba teknologi penataan ruang, lomba poster, dan lomba komik. Event bergengsi ini menjadi salah satu wadah pemerintah dalam mengenalkan pentingya pembelajaraan tata ruang di usia remaja.

Itulah tadi 7 Lomba Paling Bergengsi Siswa Smudama, semoga smudama kedepannya bisa tetap mempertahankan dan menambah prestasi-prestasi terutama di ajang nasional bahkan internasional. Tunggu edisi OTS Smudamers berikutnya!

Sumber gambar : image.google.co.id
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami