Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Jumat, 13 Juli 2012

OTS Smudamers Edisi 9 : 7 Cara Belajar Smudama

Hai Smudamers, jumpa lagi di OTS Smudamers, ini merupakan OTS edisi yang ke-9. Kali ini kita bakalan ngebahas tentang cara-cara belajar siswa-siswa di Smudama. Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil optimal. Belajar tentu tidak hanya dikelas, bisa dimana saja dan kapan saja, bahkan pada saat libur seperti ini. Buat para Smudamers jangan lupa ya memanfaatkan momen liburan panjang ini untuk terus belajar dan mengejar mimpi kita masing-masing, jangan sampai kita terlena dengan rasa nyaman sesaat.  Namun, kali ini kita hanya akan membahas cara-cara belajar siswa Smudama di sekolah dan di asrama. Okay, let's check it out.














  1. Pertemuan di SSC
    SSC adalah singkatan dari Smudama Science Club, organisasi di bawah naungan OSIS ini terdiri dari 8 bidang yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, informatika, ekonomi, astronomi, dan kebumian, namun kemungkinan bidang-bidang ini akan bertambah seiring dengan pertambahan bidang di Olimpiade Sains Nasional yang menjadi 10 bidang. Pertemuan belajar SSC dilakukan dua kali dalam seminggu, yaitu setiap hari rabu sore dan jum'at malam, yang mengajar pada pertemuan SSC adalah siswa smudama yang sudah mendalami bidangnya. Melalui SSC inilah siswa ditargetkan untuk menjuarai olimpiade dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional hingga internasional.
  2. Bimbel Gratis
    Bimbingan gratis diselenggarakan oleh lembaga bimbingan belajar dari luar yang ingin membimbing siswa-siswa smudama, seperti bimbingan untuk persiapan menghadapi Olimpiade Sains Nasional yang dilakukan setiap hari minggu.
  3. Membuat Bimbel di Asrama
    Salah satu cara belajar yang asyik di asrama yaitu membuat bimbel di asrama, caranya dengan mengajar secara bergantian, tentunya yang mengajar adalah siswa-siswa yang telah mendalami pelajaran yang dia ajar. Bimbel ini tentu sangat bermanfaat bagi siswa yang belum paham pelajaran di Sekolah atau ingin mempermantap kembali pelajaran di sekolah, selain itu bisa juga untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan.
  4. Belajar di Kamar Kakak Kelas
    Selain belajar sama teman, di Smudama kita-kita yang masih duduk di kelas X dan kelas XI bisa juga bertanya soal-soal yang sulit di jawab ke kakak kelas yang sudah mempelajarinya terlebih dahulu, atau bisa saja jika kita ingin mempelajari pelajaran diatas tingkatan kelas kita, tentunya ini dapat dilakukan dengan mudah karena semuanya tinggal di satu asrama
    .
  5. Ke Rumah Guru
    Ke rumah guru adalah salah satu solusi untuk mempelajari kembali pelajaran yang kurang di mengerti ataupun ingin menanyakan soal-soal yang cukup sulit, dengan guru kita juga dapat menceritakan kesulitan yang kita hadapi dalam belajar agar dapat diberi solusinya, di Smudama, guru juga seperti orang tua di Sekolah.
  6. Belajar BSE-Zenius
    Belajar dengan BSE (Buku Sekolah Elektronik) atau Zenius adalah salah satu bentuk belajar mandiri dalam bentuk elektronik, jika dengan menggunakan BSE sama halnya dengan belajar di buku, namun dengan menggunakan Zenius, kita akan belajar dengan media audio-video, ini tentunya sesuai dengan metode belajar individu masing-masing.
  7. Belajar Sendiri
    Belajar sendiri, yap, selain belajar dengan teman, guru ataupun kakak kelas, siswa tentunya juga harus dapat belajar mandiri karena kita tidak bisa selamanya bergantung dengan orang lain, belajar dengan metode dapat efektif apabila siswa memiliki motivasi yang cukup, karena banyak tantangan yang akan menghalangi, namun hal inilah yang akan memberikan pencapaian besar bagi siswa.
Okay, sekian OTS Smudamers kali ini, smpai jumpa di edisi esok hari.
                                                                                                                Author: Cut Meurah Rudi

Komentar via Facebook
1 Komentar via Blogger

1 comments:

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami