Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Thursday, April 21, 2011

SMAN 2 Tinggimoncong unggul dalam Macca Expo

Perhelatan perlombaan dengan memakai bahasa inggris tingkat Sulawesi selatan dan barat yang dilakansanakan oleh Macca telah usai pada 28 november, dari 13 jenis lomba yang diadakan SMAN 2 tinggimoncong mengambil sebagian juara pertamanya, seperti lomba desain grafis, story telling, Mathematic match tingkat SMA dan Asah Kreativitas kimia.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Al-Markas Maros untuk pembukaan dan untuk lombanya bertempat di wisma tani Maros. Kegiatan ini diperuntukan untuk siswa SD, SMP dan SMA.
Dalam pelaksanaan English debate yang dilaksanakan pada 23 november, mengacu terhadap peraturan sistem Australian Parliamentary. Sedangkan, sistem penilaiannya berdasarkan metode sistem margin. Selain itu, dewan juri dalam kegiatan ini juga berhak untik menentukan the best speaker.
Pelaksanaan lomba Speech English berlangsung pada 24 november. Mekanisme kegiatan ini, peserta diberikan 3 tema yang dipilih salah satunya. Tema yang diberikan oleh panitia yakni the natural disaster in Indonesia, the educational system in Indonesia, dan the importance of English. Selain itu, penilaian yang diambil dari dewan juri yakni sistematika pidato, gesture/body language, pronounciation dan fluency. Perlombaan ini dibagi menjadi 2 tingkat yang diantaranya tingkat SMP dan tingkat SMA. Pemenang dari perlombaan ini untuk tingkat SMP diraih oleh Daffa Haykal Hidro Satria, sedangkan untuk tingkat SMA diraih oleh M Nurul Haq.
Super English merupakan salah satu lomba yang dilaksanakan dalam event Macca Expo, perlombaan ini diperuntukan untuk tingkat SD dan SMP. Untuk tingkat SD pelaksanaannya terdiri dari 4 babak, antara lain babak pertama yakni yel-yel; babak kedua, amazing race; babak ketiga, guess word; dan babak keempat, fast and fun. Sedangkan untuk tingkat SMP terdiri dari 3 babak, dimana babak pertama memperlombakan yel-yel; babak kedua, penyisihan; dan babak final. Untuk yel-yel setiap peserta baik tingkat SD maupun SMP diberikan waktu selama 2 menit. Babak fast and fun untuk tingkat SD merupakan lomba cerdas cermat. Untuk kegiatan ini, anak asuhan Bertha buntu, S.Pd dan Andi Masdiana S.S, dari SMPN 2 Maros, berhasil keluar sebagai juara.
Untuk perlombaan Mathematic Balloon, dibagi menjadi 2 babak yakni babak penyisihan dan babak final. Dalam babak penyisihan disaring sekitar 8-10 peserta yang langsung masuk dalam final. Dalam babak final, peserta memilih balon lalu menusuknya, disetiap balon terdapat soal-soal yang harus dijawab oleh peserta.
Dalam Story Telling, dilakukan oleh tim yang terdiri dari 3 orang, waktu yang diberikan panitia dalam mementaskan drama maksimal 15 menit. Selain itu, kriteria penilaian dalam perlombaan ini yakni gesture yang terdiri dari mimik, vokal, body language, dan penghayatan; Pronounciation seperti grammar dan fluently; Penyampaian cerita yang diantaranya runtut, tepat waktu, unik dan moral value; serta kostum yang diantaranya unik, lengkap dan sesuai dengan cerita yang dibawakan. Dalam pementasan drama ini, drama yang dibawakan oleh SMAN 2 Tinggimoncong melalui dramanya yang berjudul snoweat lost in india berhasil memikat perhatian dewan juri sehingga keluar sebagai juara dalam perlombaan ini.
Asah kreativitas kimia terdiri dari tiga tahap, dimana tahap pertama dilakukan penyisihan, tahap kedua eksperiment dan yang terakhir yakni babak pertayaan rebutan seputar kimia. Dalam tahap eksperimen peserta diberikan waktu selama 10-15 menit untuk menampilkan kreativitasnya. Penilaian dalam tahap eksperiment ini terdiri dari eksperiment dengan bahan yang ramah lingkungan, imajinatif, kreatif, dan spektakuler. SMAN 2 tinggimoncong dengan kreasinya membuat baterai alam dari garam, berhasil keluar menjuarai perlombaan ini.
Salah satu perlombaan yang menguras otak kembali yakni mathematic match, untuk perlombaan ini dibagi menjadi 3 babak yang diantaranya babak penyisihan, babak semifinal dan babak final, dalam babak final peserta mengikuti 3 penilaian, antara lain soal wajib, bursa soal dan cepat tepat. (JFR)



sumber :http://jefridwisantoso.blogspot.com/2010/12/sman-2-tinggimoncong-unggul-dalam-macca.html
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Post a Comment

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami