Ads 468x60px

  • BAKSOS IKA SMUDAMA 2015

    Pada kesempatan kali ini kami dai redaksi Apa Kabar SMUDAMA? akan melaporkan kegiatan Baksos IKA SMUDAMA Kembali Untuk Berbagi Jilid 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-27 Desember 2015, di SMAN 2 Tinggimoncong......

  • CESS VI

    "Take an action, Get the champion!" Seperti biasa, Smudama menjalankan sebuah event besar setiap dua tahun sekali yakni Competition of English and Science Smudama atau biasa disingkat CESS VI......

  • PORSENI 2015

    redaksi AKS akan membahas mengenai PORSENI 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember sampai 22 Desember 2015. PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni itu sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada akhir semester ganjil....(UNM)...

Sabtu, 08 Januari 2011

SISTEM PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU ITS 2010/2011

Pada tahun akademik 2010/2011, ITS menyelenggarakan ujian masuk calon mahasiswa baru melalui berbagai pola penerimaan untuk semua strata pendidikan yang diselenggarakan oleh ITS (Program Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, dan Pendidikan Profesi). Secara umum, pola penerimaan calon mahasiswa baru di ITS dilakukan melalui:
  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Pola penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN berlaku untuk ujian masuk program sarjana pada semua program studi yang diselenggarakan di ITS, keculai program studi Desain Produk Industri.
  2. Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)Jenis penerimaan melalui program PMDK dilakukan tanpa ujian masuk, tetapi didasarkan pada prestasi belajar selama di SLTA. Pola penerimaan calon mahasiswa baru melalui program PMDK dibagi menjadi PMDK Reguler dan PMDK Berprestasi.

    Program
    PMDK Berprestasi diperuntukkan bagi siswa SLTA yang mempunyai nilai rapor yang tinggi dan terbuka untuk semua program studi sarjana yang diselenggarakan di ITS.

    Program
    PMDK Reguler diperuntukkan bagi siswa SLTA yang pernah meraih juara I s.d. III dalam kejuaraan/lomba/olimpiade bidang sains, teknologi, serta seni lukis dan/atau seni rupa di tingkat nasional/internasiona. Program PMDK Reguler hanya dibuka untuk beberapa program studi sarjana yang diselenggarakan di ITS, yaitu:
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA): Fisika, Matematika, Kimia, Statistika, dan Biologi.
    • Fakultas Teknologi Kelautan (FTK): Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, dan Teknik Kelautan.
    • Fakultas Teknologi Industri (FTI): Teknik Mesin / khusus untuk calon mahasiswa perempuan, Teknik Fisika, serta Teknik Material dan Metalurgi
    • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP): Teknik Geomatika.
  3. Program Beasiswa Bidik MisiProgram yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional ini terbuka bagi lulusan SLTA yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa akan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan Sarjana, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III. Program ini terbuka untuk semua program studi Diploma (D-III dan D-IV) dan Sarjana yang diselenggarakan di ITS.
  4. Ujian Masuk Desain Produk IndustriPola penerimaan calon mahasiswa baru untuk program studi Desain Produk Industri hanya dibuka untuk progam sarjana. Programstudi Desain Produk Industri mempunyai tiga bidang studi, yaitu Desain produk, Desain Interior, dan Desain Kemunikasi Visual.
  5. Ujian Masuk Program DiplomaProgram Diploma terdiri dari program Diploma III (D-III) dan program Diploma IV (D-IV) dan hanya dibuka untuk beberapa program studi, yaitu:
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA): D-III Statitika.
    • Fakultas Teknologi Industri (FTI): D-III Teknik Mesin, D-III Teknik Elektro, D-III Teknik Kimia, dan D-III Teknik Fisika/Instrumentasi.
    • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP): D-III Teknik Sipil dan D-IV Teknik Sipil.
  6. Ujian Masuk Program Diploma III Kerjasama ITS dan PT PLN (Persero)Pada tahun akademik 2010/2011 ITS membuka penerimaan calon mahasiswa baru Program Diploma III (D-III) Kerjasama ITS dan PT PLN (Persero) sebagai implementasi kerjasama antara ITS dengan PT PLN (Persero) untuk memberi kesempatan kepada lulusan SLTA dalam memperoleh pendidikan yang berorientasi pada kemampuan dan keahlian terapan.

    Dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan selama menempuh program ini, yaitu IP sekurang-kurangnya 2,75 dan masa studi paling lama 7 semester, lulusan program ini akan langsung diterima sebagai pegawai PT PLN (Persero).

    Program ini hanya dibuka untuk dua program studi di lingkungan FTI, yaitu:
    • D-III Teknik Mesin
    • D-III Teknik Elektro
  7. Ujian Masuk Program Pascasarjana (Program Magister dan Doktor)Pola penerimaan calon mahasiswa baru untuk program pascasarjana diperuntukkan bagi lulusan program sarjana dan dibuka untuk hampir semua program studi yang diselenggarakan di ITS, kecuali untuk program studi Biologi (FMIPA), Teknik Material dan Metalurgi (FTI), serta Desain Produk Industri dan Perencanaan Wilayah dan Kota (FTSP).

    Program pascasarjana menerima calon mahasiswa baru baik untuk calon yang akan didanai melalui Beasiswa Program Pascasarjana (BPPs) maupun yang dibiayai sendiri/instansi.
  8. Ujian Masuk Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT)Program studi Magister Manajemen Teknologi, yang berada dalam pengelolaan Program Pascasarjana, merupakan program studi multi-disiplin yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana dalam berbagai bidang. Program Studi MMT mempunyai enam bidang keahlian, yaitu:
    • Manajemen Industri
    • Manajemen Proyek
    • Manajemen Teknologi Informasi
    • Manajemen Teknologi Lingkungan
    • Manajemen Teknologi Transportasi
    • Manajemen Bisnis Maritim
  9. Ujian Masuk Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs.)Pola penerimaan calon mahasiswa baru untuk Pendidikan Profesi Arsitek diperuntukkan bagi lulusan program sarjana Aristektur untuk menjadi Aristek dengan kompetensi yang dapat bersaing di pasar global.

    Pendidikan Profesi Arsitektur diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Rektro ITS, Nomor 05409/I2/LL/2009, tanggal 20 Mei 2009; sebagai realisasi dari nota kesepahaman antara Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dengan ITS, Nomor 009/MOU/IAI/2009 dan 017/I2/KS/2009.
Komentar via Facebook
0 Komentar via Blogger

0 comments:

Posting Komentar

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama Anda!

Subscribe
emailDapatkan Artikel Terbaru dari kami via Email, akan langsung di kirim ke Email anda
 

Menurut Anda, Bagaimana kah Keadaan Smudama Sekarang?

Back to top

Slide Show

Slide Show berupa Foto-foto dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong sebagai Gambaran dari Sekolah Kami